Pengaruh Pelatihan Strategi Membaca PQ4R Terhadap Pemahaman Bacaan pada Siswa SD Negeri Mojo V/224 Surabaya

Susanti, Yunita Dwi (2006) Pengaruh Pelatihan Strategi Membaca PQ4R Terhadap Pemahaman Bacaan pada Siswa SD Negeri Mojo V/224 Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151935

Abstract

Kegiatan membaca hampir selalu dilakukan oleh anak-anak usia sekolah, terutama membaca untuk keperluan pelajaran sekolah. Berdasarkan survei awal di SDN Mojo V/224 Surabaya diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan, yang ditandai dengan kesulitan dalam menangkap ide pokok (inti) dari suatu bacaan, dalam mengerti kata/kalimat yang digunakan dan dalam mengkaitkan kalimat satu dengan kalimat yang lain. Untuk mempermudah siswa dalam memahami bacaan maka ditawarkan strategi membaca PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review). PQ4R merupakan strategi membaca yang sistematis dan terarah dalam proses membaca, mudah dimengerti dan dilakukan, meningkatkan ingatan, dan mampu mengolah kalimat dengan cara meringkas bahan menurut kata-kata sendiri serta mampu memadukan bahan yang dibaca dengan contoh-contoh yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Mojo V /224 Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah t-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman bacaan (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada saat sesudah pemberian perlakuan. Saran pada penelitian ini adalah menggunakan strategi membaca lainnya, seperti teknik membaca cepat (speed reading), scanning atau skimming, memberikan metode pelatihan menggunakan materi yang berupa buku, perlu adanya monitoring, waktu pelatihan yang lebih panjang, mengganti istilah Bahasa Inggris menjadi istilah Bahasa Indonesia, bacaan dan soal yang diberikan diharapkan berbeda, namun mempunyai tingkat kesulitan yang setara dan pada saat scoring, perlu dilakukan secara inter-rater.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: strategi membaca PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) dan pemabaman bacaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 06:59
Last Modified: 05 Mar 2014 06:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item View Item