Profil Penyesuaian Sosial Peserta Akselerasi

Chandra, Sulfida (2004) Profil Penyesuaian Sosial Peserta Akselerasi. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151985

Abstract

Peserta akselerasi adalah siswa yang teridentifikasi sebagai aiawa berbakat intelektual dengan memiliki IQ minimal 125, kreatif serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas. Adanya kemampuan intelektual yang tinggi pada diri seseorang, belum tentu dapat menjanjikan kesuksesan dalam hidupnya apabila tidak ditunjang oleh kemampuan sosial yang tinggi pula Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan penyesuaian sosial remaja berbakat intelektual sebagai peserta akselerasi di sekolah, yang terdiri dari perilaku nyata para peserta akselerasi, kemampuan menyesuaikan diri dalam berbagai kelompok, sikap yang ditunjukkan dalam kelompok, dan tingkat kepuasan pribadi terhadap kehidupan sosial para peserta akselerasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 15 orang peserta akselerasi yang telah teridentifikasi sebagai remaja berbakat di SL TPN 1 Surabaya Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket penyesuaian sosial dan wawancara terhadap subyek, serta ditunjang oleh wawancara terhadap guru dan angket terbuka terhadap siswa-siswi reguler sebagai data pendukung. Data yang diperoleh akan dipaparkan dengan menggunakan tabel frekuensi untuk menentukan kategori penyesuaian sosial peserta akselerasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan sebanyak 86.67% peserta akselerasi memiliki kemampuan penyesuaian sosial kategori Tinggi. 6.67% kemampuan penyesuaian sosial peserta akselerasi tergolong Sangat Tinggi, dan 6.67% lainnya peserta akselerasi tergolong dalam kategori Cukup. Peserta akselerasi dengan kemampuan penyesuaian sosial kategori Sangat Tinggi mempunyai skor yang tinggi di seluruh aspek penyesuaian sosial. Peserta akselerasi dengan kemampuan penyesuaian sosial kategori Tinggi mempunyai skor yang lebih tinggi pada aspek penampilan nyata dan cenderung lebih rendah pada aspek sikap sosial. Sedangkan peserta akselerasi dengan kemampuan penyesuaian sosial kategori Cukup mempunyai skor yang cenderung tinggi pada aspek penampilan nyata dan cenderung rendah pada aspek penyesuaian diri dalam berbagai kelompok Saran yang terutama bagi pihak sekolah, guru, dan orang tua adalah agar tidak hanya terpaku pada aspek kognitif para peserta akselerasi saja, namun juga harus memperhatikan bidang perkembangan sosial dan perkembangan emosional dari setiap peserta akselerasi agar tidak terjadi underachievement.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 07:12
Last Modified: 05 Mar 2014 07:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item