Peran Ibu dan Guru Serta Persepsi Anak terhadap Peran Ibu dan Guru dalam Mengembangkan Etika ( Studi Deskriptif )

Matanandau, Radifa (2004) Peran Ibu dan Guru Serta Persepsi Anak terhadap Peran Ibu dan Guru dalam Mengembangkan Etika ( Studi Deskriptif ). [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152004

Abstract

Pengajaran dan penanaman etika ini mulai ditanamkan pada anak sedini mungkin supaya anak paham akan tingkah laku yang baik dan buruk serta nilai/aturan yang diterapkan. Proses penanaman dan pengembangan etika pertama kali diperoleh dari rumah melalui orang tua khususnya Ibu. Selain itu penanaman etika juga tidak lepas dari peran guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Ibu dan guru serta persepsi anak terhadap peran Ibu dan guru dalam mengembangkan etika. Subjek penelitian ini 15 anak dan orang tua khususnya Ibu serta 3 guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Ibu dalam menerapkan etika adalah sebagai pengajar, model, pengkoreksi dan support bagi anak. Peran guru adalah sebagai pengajar, motivator dan model. Persepsi anak terhadap peran yang menonjol dari orang tua adalah sebagai pengajar dan model sedangkan peran guru adalah sebagai pengajar di sekolah. Saran kepada guru yaitu dalam pengembangan etika ini mengadakan pendekatan terhadap anak didiknya. Kepada orang tua supaya dalam penanaman etika pada anak memperhatikan perkembangan kognisi anak, berusaha menanamkan dan menjadikan etika sebagai patokan dalam bertingkah laku.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Mar 2014 07:18
Last Modified: 05 Mar 2014 07:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item