Analisis Cost dan Quality sebagai Alat Pendukung Strategi Bersaing untuk Meningkatkan Profitabilitas pada PT X di Surabaya

Khosworo, Hilda (2004) Analisis Cost dan Quality sebagai Alat Pendukung Strategi Bersaing untuk Meningkatkan Profitabilitas pada PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1908_Abstrak.pdf

Download (111Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152895

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan perekonomian di Indonesia telah terjadi banyaknya krisis ekonomi, hal itu memacu beberapa perusahaan untuk meningkatkan produksi perusahaannya. Sebagai dampaknya telah mendorong peningkatan produksi kertas tissue di Indonesia selama tiga tahun terakhir ini (2000-2002). Dalam mencapai profitabilitas perusahaan yang cukup tinggi dalam suatu badan usaha menggunakan Key Success Factor. Ruang lingkup Key Success Factor yang dipakai dalam pembahasan ini adalah cost dan quality. Alasan pemakaian cost dan quality sebagai Key Success Factor adalah karena kedua hal tersebut dianggap yang paling mencerminkan atau kunci dari kesuksesan badan usaha. PT "X" yang menjadi obyek penelitian dalam skripsi ini, telah menerapkan Key Success Factor pada perusahaannya. Key Success Factor pada PT "X" adalah memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang paling berpengaruh pada PT "X" adalah cost dan quality. PT "X'' selama ini mendasarkan pengukuran kinerjanya pada pengakuan financial saja, dalam hal ini berdasarkan profitabilitasnya Pengukuran kualitas dapat dilakukan melalui 3 area pengukuran yaitu vendor performance, plant manufacturing performance, dan customer performance. Alat ukur yang digunakan adalah komplain badan usaha pada supplier, jumlah unit cacat selama proses produksi, serta jumlah komplain dari customer. Hasil evaluasi dengan tolak ukur non financial menunjukan kinerja badan usaha pada kualitas adalah baik. Pengendalian kualitas melalui vendor performance menunjukan kredibilitas dan pertanggungjawaban yang baik pada supplier, demikian juga pada plant manufacturing performance dan customer performance yang juga menunjukan kinerja yang cukup baik. Penelitian yang dilakukan merupakan basic research, dimana penelitian dilakukan bukan untuk mencari penyelesaian masalah, tetapi untuk menganalisa hal-hal yang ada dalam PT "X'' dengan menggunakan berbagai macam teori atau konsep yang ada dan telah dipelajari selama ini. Data yang diperlukan selama penelitian diperoleh lewat interview terhadap pihak perusahaan dan karyawan dan berbagai dokumen perusahaan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan informasi bagi pembaca, penulis maupun perusahaan tantang pentingnya cost dan quality sebagai alat pendukung strategi bersaing untuk meningkatkan profitabilitas dalam mencapai target dan tujuan perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 10 Mar 2014 06:47
Last Modified: 30 Jun 2014 07:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8472

Actions (login required)

View Item View Item