Analisis Efektivitas Pengendalian Hasil dalam Mendukung Keunggulan Bersaing pada Bengkel Auto 2000 Cabang Waru

Limantara, Anita Dewi (2004) Analisis Efektivitas Pengendalian Hasil dalam Mendukung Keunggulan Bersaing pada Bengkel Auto 2000 Cabang Waru. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152943

Abstract

Dewasa ini, banyak perusahaan mengeluarkan banyak biaya pada pembuatan iklan dalam menarik pelanggan. Kemudian perusahaan-perusahaan besar tersebut mengendalikan para pelanggannya. Namun jika iklan tersebut tidak sesuai dengan janji yang diutarakan juga tidak akan dapat mempertahankan pelanggan dalam jangka waktu yang lama. Jika perusahaan-perusahaan tersebut dapat memberikan layanan yang baik, menjadikan pelanggan mereka spesial, dibutuhkan dan dihargai, mereka jauh akan dapat mempertahankan pelanggan mereka dalam jangka waktu yang lama. Dalam bisnis jasa maupun non-jasa penciptaan kualitas layanan yang baik, tidak cukup dipahami oleh manajer senior dan menengah saja, namun hal ini juga patut dikomunikasikan ke bawahan sehingga mereka mengerti apa yang harus mereka kerjakan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Para manajer akan menyampaikan kepada karyawan tentang customer service dan para manajer juga akan mengevaluasi serta melaporkan kepada karyawan tentang penampilan layanan mereka. Layanan berkualitas dapat menjadi keunggulan kompetitif jangka panjang dalam sebuah perusahaan karena pada dasarnya para pelanggan akan membeli berdasarkan layanan yang mereka peroleh dari sebuah perusahaan apalagi hal tersebut menyediakan pelayanan jasa. Dengan adanya "perasaan nyaman" merupakan hal yang efektif dalam mempengaruhi mereka membeli produk barang atau jasa pada perusahaan tertentu dari perusahaan lain sebagai mana nasehat yang diberikan oleh seorang teman dekat. Dalam sebuah organisasi, pengendalian (control) merupakan komponen yang sangat penting. Pengendalian digunakan sebagai alat bagi tiap manajemen untuk memastikan organisasi dapat mencapai tujuan, dimana dalam prosesnya mempengaruhi anggota-anggota dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pengendalian hasil merupakan salah satu bentuk pengendalian formal yang mengevaluasi bagaimana pencapaian hasil pekerja melalui definisi dimensi kinerja yang diharapkan, penilaian kinerja, penetapan target serta pemberian kompensasi berupa penghargaan dan hukuman. Agar dapat memperdalam daya analisis terhadap pengendalian maka penulis melakukan penelitian pada bengkel AUTO 2000 cabang Waru yang berlokasi di Waru untuk memperoleh kaitannya pengendalian hasil terhadap pencapaian tujuan. Salah satu tujuan suatu badan usaha adalah tingkat profitabilitas, jika pencapaian profitabilitas mampu melampaui pencapaian rata-rata pesaing dapat memunculkan keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing tentunya juga dipengaruhi oleh pengendalian hasil yang baik pula. Keunggulan bersaing dapat dicapai dengan tiga cara yang lazim digunakan seperti low cost, differentiating dan focus. Penggunaaan cara tersebut disesuaikan dengan kondisi persaingan saat ini dan kondisi perusahaan itu sendiri. Keunggulan bersaing dapat dicapai jika terdapat pengendalian manajemen yang baik. Hal ini dapat dilihat bahwa dalam pencapaian kepuasan pelanggan dibutuhkan karyawan yang berdedikasi dan berkompeten sehingga dapat memberikan layanan yang prima.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:37
Last Modified: 10 Mar 2014 11:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8502

Actions (login required)

View Item View Item