Budiman, Go Tinus (2005) Studi Eksploratori : Perilaku Konsumen Simcard GSM di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pertumbuhan teknologi telepon seluler beberapa tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang pesat khususnya di Indonesia. Pertumbuhan pelanggan simcard GSM pada akhir tabu 2004 hampir menembus 30 juta pelanggan. Kenaikannya dari tabun pertahun hampir dua kali lipat. Dengan perkembangan teknologi telepon seluler yang pesat, para operator simcardpun semakin berkembang. GSM sebagai teknologi telepon seluler yang paling berkembang memegang peranan penting dalam perkembangan teknologi telepon seluler ini. Para operator simcard GSM mulai mengeluarkan produk-produk yang menawarkan berbagai layanan dan fasilitas yang berbeda-beda. Hal ini mendorong konsumen simcard GSM untuk membeli dan menggunakan dua atau lebih simcard GSM, dan nampaknya perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dua atau lebih simcard GSM ini beragam. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Perilaku Konsumen menurut Schiffinan dan Kanuk, yaitu: "Consumer behavior can be defined as the behavior that consumer display in searching for, purchasing, using, evaluating, and disposing of products, services and ideas they expect will satisfy they needs". Pengertian tersebut berarti perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk, jasa atau ide yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhannya. Sedangkan elemen perilaku konsumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah what they choose, what they expect, who is the user, who influencer in the buying, why they buy, where they buy, when they buy, where they buy, how they know about this product, how they evaluate after this purchase. Penelitian ini merupakan riset eksploratori dengan tujuan untuk menggali lebih dalam perilaku konsumen dua atau lebih simcard GSM sehingga dapat memperoleh pemahaman dan pendalaman tentang produk simcard apa yang dibeli, harapan apa yang diinginkan, siapa yang membeli dan menggunakan, siapa yang paling mempengaruhi dalam proses pembelian, mengapa membeli dan menggunakan, kapan membeli dan menggunakan, dimana membeli, bagaimana mengetabui tentang produk tersebut, dan bagaimana mengevaluasi setelah membeli dan menggunakan. Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi kepada badan usaha dan para toko pengecer tentang gambaran perilaku konsumen dua atau lebih simcard GSM, selain itu juga berguna bagi penelitian selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa merek simcard yang paling banyak dimiliki oleh konsumen dua atau lebih simcard GSM adalah berasal dari operator Telkomsel baik pada kepemilkan pertama dan kepemilikan setelah yang pertama, harapan yang diinginkan adalah menggunakan dua fasilitas secara bersamaan, pengguna dua atau lebih simcard GSM ini orang-orang yang banyak berkomunikasi dengan banyak orang, berumur antara 17-40 tahun dan memiliki pendapatan 1-2 juta. Dalam melakukan pembelian yang paling mempengaruhi dalam pembelian adalah diri sendiri, alasan menggunakan dua atau lebih simcard GSM karena ingin menggunakan fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Konsumen membeli dan menggunakan dua atau lebih simcard GSM saat ada promo yang menarik dari para operator, dan konsumen membeli simcard nya di WTC. Konsumen mengetahui produk smcard mereka berasa dari iklan TV. Kebanyakan dari konsumen merasa puas setelah membeli dan menggunakan dua atau lebih simcard GSM.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 06:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2014 06:18 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8621 |
Actions (login required)
View Item |