., Sherly (2005) Analisis Pengendalian Kualitas dengan Metode Statistik di PT Garuda Top Plasindo Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pada era globalisasi saat ini, banyak perusahaan di Indonesia yang dituntut untuk bersaing dengan ketat guna menghasilkan produk yang berkualitas. Dimana perusahaan dalam menawarkan produknya harus dapat menunjukkan kualitas produk dengan baik dan dengan harga yang sesuai agar konsumen tertarik untuk membeli produk. Segi kualitas merupakan faktor penting bagi perusahaan dalam mempertahankan konsumen yang ada juga untuk menarik konsumen baru Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian analisis pengendalian kualitas dengan menggunakan metode statistik di perusahaan PT Top Garuda Plasindo Surabaya. Perusahaan ini berlokasi di daerah Ringkut Industri. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur pengolahan bijih plastik. Bijih plastik ini terbagi menjadi 2 macam bahan bakunya, yaitu PP (poly propelene) dan PS (poly styrene). Kedua macam material plastik ini diolah menjadi tempat atau case untuk CD, VCD, dan DVD untuk audio, film, dan program-program. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini memiliki berbagai macam jenis produk, namun untuk penelitian ini difokuskan hanya pada satu produk yaitu pada produk PP slim. Konsep dan teori yang digunakan untuk penelitian ini sebagian besar Montgomerry dan Ishikawa. Metode perhitungan yang digunakan adalah menggunakan grafik pengendali p yang didahului dengan diagram Pareto. Hasil dari perhitungan metode statistik penelitian ini menunjukkan proses pengendalian kualitas untuk perusahaan tersebut masih dalam keadaan terkendali, yaitu masih dibawah standar toleransi perusahaan yaitu 2%. Tetapi bagaimanapun juga, perusahaan harus tetap meminimalkan biaya dan memaksimalkan laba. Sehingga sebisa mungkin cacat di perusahaan tetap harus diminimalkan dan berproduksi seefisien mungkin. Maka dari itu, perlu ditelusuri penyebab cacat lainnya yang diperoleh dari diagram Ishikawa. Dari diagram Ishikawa ini, diperoleh faktor-faktor penyebab cacat produk dan kemudian dapat dibuat rencana perbaikan usulan untuk perusahaan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 02:14 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 02:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8766 |
Actions (login required)
View Item |