Integrasi Quality Function Deployment dan Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja PT. X

Sudargho, Francisca Maria Astrid (2002) Integrasi Quality Function Deployment dan Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja PT. X. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136159

Abstract

PT 'X' adalah sebuah perusahaan pengekspor mebel rotan yang bersifat job order. Munculnya perusahaan-perusahaan sejenis sebagai pesaing menyebabkan PT •x• harus memikirkan strategi yang tepat agar dapat bertahan. Oleh karena itu PT 'X' perlu mengukur kinerja perusahaan yang tidak terbatas pada finansial saja tapi juga pada seluruh aspek perusahaan. Metode Balanced Scorecard merupakan suatu metode pengukuran kinerja yang memiliki 4 sudut pandang dalam pengukurannya, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran da pertumbuhan. Balanced & Scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang disesuaikan dengan visi, misi, dan strategi perusahaan, sehingga penjabaran visi, misi, dan strategi yang jelas sangat penting agar kriteria pengukuran kinerja yang dibuat sesuai dengan kondisi perusahaan. Strategi ditetapkan dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal perusahaan melalui Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat. Sel & Itiutnya ditentukan tolok ukrur dari tiap perspektif Balanced Scorecard. Perspekti( fmansial PT 'X' menggunakan 4 tolak ukur yaitu Sales Growth Ratio, Return On Assets, Quick Ratio, dan Inventory Turnover. Pada perspektif pelanggan, tolok ukur yang digunakan adalah %Customer Retention, %New Customer, Complain Rate, dan Sales Per Customer. Pada perspektif proses bisnis internal, PT'X' menggunakan tolok ukur Defect Rate, Power Productivity, Raw Material Productivity, dan % On Time Delivery. Sedangkan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, tolok ukur yang digunakan adalah Time in Training, Employee Turnover, Absenteism, Rasio Keluhan Karyawan, %Pemenuhan Pelayanan Kesehatan, %Tanggapan terbadap Saran dan Employee Productivity. Dari masing masing tolok ukur tersebut ditentukan target dan performance drivers. Tolok ukur tersebut juga kan diberi bobot • kepentingan yang ditentukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Dari basil penelitian. Diperoleh basil kinerja keseluruhan PT 'X' pada tahun 1999 adalah 1,9877 (sedang) dengan mulai kinerja masing-masing perspektif adalah 1,3682 (jelek) untuk perspektif finansial, 2.5329 (baik) untuk perspektif pelan2.2886 (sedang) untuk perspektif proses bisnis internal, dan 1,8351 {sedang) untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sedangkan untuk ta.hun 2000, kinerjanya adalah 2,0275 (sedang) dengan nilai kinerja masing-masing perspektif adalah 1,7932 {sedang) untuk perspektif finansial, 1,9143 (sedang) untuk perspektif pelanggan, 2,6707 (baik) untuk perspektif proses bisnis internal, dan 2,0790 (sedang) untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari basil pengukuran kinerja tersebut ditetapkan inisiatif perbaikan terhadap tolok ukur yang pencapaiannya belum baik, seperti %New Customer, %Customer Retention, dan Employee Turnover yang pencapaiannya menurun serta beberapa tolok ukur lain sesuai dengan prioritas yang ditentukan. Melalui Matriks House of Quality Inisiatif Perbaikan pada metode Quality Function Deployment (QFD) dapat diperoleh inisiatifyang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perbaikan tolok ukur tersebut. Selanjutnya dibuat Matriks Divisi sehingga dapat diketahui divisi yang paling berpengaruh terbadap inisiatif perbaikan tersebut yaitu Divisi Pemasar disusul beturut-turut Divisi Perencanaan dan Kontrol, Keuangan, Produksi, Quality Control, Pembelian, dan Umum dan Personalia Langkah terakhir adalah menentukan action plan yang harus dilakukan oleh tiap divisi guna memperbaiki tolok ukur tersebut secara terinci pada Matrilcs Action Plan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 26 Mar 2014 02:33
Last Modified: 26 Mar 2014 02:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item View Item