Lesmana, Hermawan (2002) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Profit Di Perusahaan Rokok PT. Cakra Guna Cipta Malang. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
PT. Cakra Guna Cipta adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan rokok yang berada di kota Malang. Perusahaan ini memproduksi rokok yang berjenis SKT (Sigaret Kretek Tangan) maupun rokok yang berjenis SKM (Sigaret Kretek Mesin). Dengan adanya persaingan-persaingan dari perusahaan rokok yang sejenis, PT. Cakra Guna Cipta dituntut untuk dapat menggunakan strategi-strategi pemasaran yang tepat sehingga diharapkan profitabilitas perusahaan dapat meningkat. Dari kuesioner yang telah disebarkan kepada perokok rokok kretek merek Cakra dapat diketahui bahwa keunggulan rokok kretek Cakra terletak pada kualitas, rasa, hisapan, aroma rokok kretek tersebut. Hal ini menjadi modal utama PT. Cakra Guna Cipta untuk dapat menembus pasaran rokok kretek di daerah yang baru dan tentu saja harus didukung dengan strategi-strategi pemasaran yang tepat. Dari kuesioner yang disebarkan kepada distributor-distributor rokok Cakra yang ada diberbagai daerah, dapat diketahui pula bagaimana kinerja perusahaan pada saat melayani para distributornya tersebut. Hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa para distributor suka menjual rokok Cakra karena rokok Cakra mampu bersaing dengan rokok-rokok lain, potongan harga yang diberikan perusahaan cukup besar, sistem pemesanan rokok mudah dan rokok selalu tersedia pada saat memesan. Kemudian dengan melakukan analisis profitabilitas dapat diketahui siapa saja distributor yang layak didukung oleh perusahaan. Distributor-distributor yang ]ayak didukung oleh perusahaan adalah distributor Dili yang mempunyai nilai penjualan sebesar Rp. 478.890.000 dan customer profit sebesar Rp. 105.343.324,-, Banjarmasin yang mempunyai nilai penjualan sebesar Rp.518.292.000,- dan customer profit Rp.58.419.596,- , Pontianak yang mempunyai nilai penjualan sebesar Rp.l.551.420.000,- dan customer profit Rp.l56.197.897,- , Bejawa-Ruteng yang mempunyai nilai penjualan sebesar Rp.233.055.000,- dan customer profit sebesar Rp.25.155.920,- , Bandung yang mempunyai nilai penjualan sebesar Rp.125.604.000,- dan customer profit Rp. 14.666.476,- , dan Kendari yang mempunyai sebesar Rp.l77.066.000,- dan customer prqfit Rp.29.052.503,-. Hasil analisis yang ada diharapkan dapat memberi masukan bagi pihak perusahaan sehingga perusahaan dapat menentukan strategi-strategi pemasaran yang tepat terutama dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan-perusahaan rokok lainnya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 26 Mar 2014 03:00 |
Last Modified: | 26 Mar 2014 03:00 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8849 |
Actions (login required)
View Item |