Perancangan Klasifikasi Pelanggan sebagai Dasar bagi Pengembangan Customer Relationship Management di PT ‘X’ Pasuruan

Rinawiyanti, Esti Dwi (2013) Perancangan Klasifikasi Pelanggan sebagai Dasar bagi Pengembangan Customer Relationship Management di PT ‘X’ Pasuruan. Proceedings 7th National Industrial Engineering Conference 2013. ISSN 1412-3525

[img]
Preview
PDF
Rinawiyanti_Perancangan_Abstract_2013.pdf

Download (628Kb) | Preview
[img] PDF
Rinawiyanti_Perancangan_2013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798Kb) | Request a copy

Abstract

Hubungan yang baik dengan pelanggan perlu dipertahankan, supaya dapat berlangsung dalam jangka panjang dan memberikan profit bagi perusahaan. Pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan atau customer relationship management (CRM) diawali dengan adanya portfolio pelanggan yang rapi, di mana melalui portfolio ini perusahaan menyimpan informasi tentang pelanggan, sehingga dapat memonitor dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Portfolio pelanggan bisa dimulai dengan melakukan klasifikasi pelanggan. Selama ini PT X belum pernah melakukan klasifikasi pelanggan, sehingga, terkadang tidak mengetahui karakteristik pelanggan dan tidak menyadari jika ada pelanggan lama yang tidak pernah melakukan pembelian lagi. Oleh karena itu, untuk pengembangan CRM perlu dirancang terlebih dahulu klasifikasi pelanggan, supaya perusahaan dapat memonitor pelanggan dengan baik dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari rekapitulasi data dapat ditentukan klasifikasi pelanggan pada PT X sesuai dengan pembagian segmentasi pasar, menjadi empat jenis klasifikasi, yaitu klasifikasi berdasarkan tingkat pembelian selama tiga tahun terakhir yang meliputi 5 kategori, klasifikasi berdasarkan geografis dengan tujuh area geografis, klasifikasi pelanggan berdasarkan gaya pembelian (tunai/kredit), dan klasifikasi pelanggan sesuai dengan status pelanggan (lama/baru). Dari klasifikasi tersebut dapat diberikan beberapa usulan terkait dengan strategi dalam berinteraksi dengan pelanggan antara lain melakukan sistem pembedaan harga, memberikan reward, melakukan kerjasama, dan melakukan follow up pasca pembelian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CRM, klasifikasi pelanggan, segmentasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 28 Mar 2014 06:51
Last Modified: 28 Mar 2014 06:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item View Item