STUDI DESKRIPTIF PROFIL KEPUASAN WISATAWAN SURABAYA YANG MELAKUKAN PERJALANAN WISATA KE BATU BERDASARKAN METODE HOLIDAY SATISFACTION

Winata, Sisca and Rusdiyanto, Johny and Trisnawati, Juliani Dyah (2009) STUDI DESKRIPTIF PROFIL KEPUASAN WISATAWAN SURABAYA YANG MELAKUKAN PERJALANAN WISATA KE BATU BERDASARKAN METODE HOLIDAY SATISFACTION. Bunga Rampai Penelitian Pariwisata di Jawa Timur. pp. 1-16. ISSN 2086-2229

[thumbnail of Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan_Abstract_2009.pdf]
Preview
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan_Abstract_2009.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan_2009.pdf] PDF
Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan_2009.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan_Reference_2009.pdf]
Preview
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan_Reference_2009.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Melakukan perjalanan wisata di Kota Batu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic dan wisatawan mancanegara. Karena di Kota Batu banyak obyek-obyek wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi, seperti: Air Terjun Coban Rondo, Pemandian Selecta, Songgoriti, Jawa Timur Park (Jatim Park), Klub Bunga, Plaza Batu, Pasar Wisata Minggu, Kusuma Agrowisata, dan di sepanjang perjalanan di Kota Batu banyak ditanami pohon apel, sehingga tidaklah mengherankan kalau kota ini dijuluki “Kota Apel”. Sebagai kota pariwisata, keindahan Kota Batu yang juga ditunjang adanya sarana dan prasarana, seperti hotel dan restoran, tidaklah mengherankan kalau kontribusi sektor pariwisata di Kota Batu cukup besar sampai mencapai 33 % dari total APBD Kota Batu. Sebagai wisatawan di Kota Batu yang pernah dilakukan sigi awal bulan September tahun 2007 menunjukkan bahwa intensitas wisatawan dalam setahun 1 – 2 kali sebanyak 93 %, obyek wisata yang banyak dikunjungi yakni 47 % adalah Jatim Park. Hal ini dinunjukkan oleh para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata Kota Batu cukup memuaskan, namun kalau dicermati secara seksama memunculkan masalah penelitian yakni bagaimana profil kepuasan wisatawan Surabaya yang pernah melakukan perjalanan wisata ke Batu dengan menggunakan metode holiday satisfaction ? Konsep kepuasan wisatawan yang dikemukakan menurut Oliver dikutip Tjiptono (2005:196) adalah “the consumer’s fulfillment response yang menunjukkan penilaian bahwa fitur produk atau jasa akan memberikan tingkat pemenuhan berkaitan dengan konsumsi yang menyenangkan, termasuk tingkat under-fulfillment dan overfulfillment.” Sedangkan metode holiday satisfaction ditunjukkan oleh adanya perbedaan antara harapan dan persepsi wisatawan terhadap obyek wisata yang pernah dikunjunginya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan lebih besar daripada persepsi yang telah dirasakan oleh wisatawan Surabaya yang telah mengunjungi obyek wisata di Kota Batu. Hal ini berarti wisatawan itu merasa tidak puas. Ketidakpuasan ini ditunjukkan oleh respon terkait dengan dimensi daerah tujuan, keberadaan toko souvenir dan cinderamata, hotel dan restoran, pusat seni, transportasi, dan sumber informasi. Kesemuanya ini tampak pada analisis kuadran yang digunakan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, secara deskriptif bahwa wisatawan Surabaya yang berkunjung ke Kota Batu dapat dikatakan masih belum merasa puas dan sudah selayaknya Kota Batu yang banyak obyek wisatanya ini perlu banyak pembenahan guna memberikan daya tarik lebih menyenangkan lagi bagi wisatawan domestik atau mancanegara dikemudian hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Wisatawan, holiday satisfaction, analisis kuadran.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:34
Last Modified: 02 Aug 2012 05:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item