SUMITOMO, ANDREAS (2012) Perceived Risk Social Shopper Surabaya dalam Pembelian Produk melalui Toko Online di Facebook. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_5214_Abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Facebook sebagai salah satu website yang paling popular di dunia menjadi tujuan banyak orang khususnya Indonesia untuk surfing atau menjelajahi dunia maya yang kita kenal dengan sebutan internet. Situs yang berbasis jejaring sosial ini ternyata tidak hanya menarik minat masyarakat untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu saja, para kaum opurtunis mulai melihatnya sebagai suatu peluang bisnis untuk membuka online shop dengan menawarkan barangnya kepada masyarakat, tetapi sayang hal ini tidak hanya dimanfaatkan oleh online shop yang benar-benar menjual barangnya kepada customer secara jujur, sering kali terjadi penipuan-penipuan yang mengakibatkan tingginya risiko yang dirasakan customer dalam berbelanja di toko online Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Perceived risk atau Risiko yang dipersepsikan oleh konsumen Surabaya dalam melakukan pembelian di toko online Facebook. Metode pengolahan data dalam penelitian ini adalah Mean, Standard Deviation, Diagram Batang, dan Tabulasi silang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fraud risk adalah risiko yang paling besar dirasakan oleh konsumen Surabaya dalam melakukan pembelian di toko online Facebook. Hal ini dikarenakan banyaknya penipuan yang terjadi “berkedok” menjual suatu produk kemudian meminta pembayaran didepan setelah itu produk yang dibeli tidak kunjung datang. Process and Time lost risk menjadi risiko yang sangat kecil dirasakan oleh konsumen, risiko tentang kompleksitas pemesanan barang ini tidak dirasa besar karena mengakses Facebook menjadi mudah dengan adanya mobile aplikasi dari Facebook yang memungkinkan masyarakat mengakses Facebook secara cepat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | risiko yang dipersepsikan (perceived risk), Facebook, online shopping dan social shopper. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 01 Apr 2014 18:32 |
Last Modified: | 01 Apr 2014 18:32 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/9292 |
Actions (login required)
View Item |