Pengaruh Gender dalam Dewan Komisaris terhadap Nilai Perusahaan dengan Family Control sebagai Variabel Moderasi di Indonesia

Limbago, Elsa and Sulistiawan , Dedhy (2019) Pengaruh Gender dalam Dewan Komisaris terhadap Nilai Perusahaan dengan Family Control sebagai Variabel Moderasi di Indonesia. In: Seminar Nasional Manajemen dan Call Paper (SENIMA 4), 5 Oktober 2019, Hotel Ibis Styles Jln. Jemursari, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Elsa Limbago_PENGARUH GENDER DALAM DEWAN KOMISARIS_ubaya_2019.pdf] PDF
Elsa Limbago_PENGARUH GENDER DALAM DEWAN KOMISARIS_ubaya_2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Gender menjadi perhatian dalam sepuluh tahun terakhir karena perbedaan gender berdampak pada komunikasi dalam perusahaan sehingga dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Mayoritas perusahaan yang terdaftar di BEI merupakan perusahaan keluarga dimana akan berdampak pada komposisi dalam pemilihan dewan perusahaan. Hasil penelitian terdahulu mengenai pengaruh gender juga masih tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gender pada dewan komisaris terhadap nilai perusahaan dan pengaruh family control dalam memperlemah pengaruh gender dalam dewan komisaris terhadap nilai perusahaan. Pengukuran nilai perusahaan menggunakan Tobin’s Q, PBV dan PER. Penelitian ini juga menggunakan beberapa variabel kontrol yaitu firm size, commissioner size dan leverage. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di BEI kecuali sektor keuangan dan perbankan dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa gender dalam dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan tidak terdapat pengaruh signifikan family control dalam memperlemah pengaruh gender pada dewan komisaris terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gender, Family Control, Tobin's Q, PBV, PER
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Accounting
Depositing User: ELSA LIMBAGO
Date Deposited: 19 Aug 2019 05:10
Last Modified: 19 Feb 2020 06:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35880

Actions (login required)

View Item View Item