Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformational Terhadap Penerapan Personnel Control Di PT Estetika Dipa Utama Surabaya

SADJIMAN, INGGRID ANDRIANI (2012) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformational Terhadap Penerapan Personnel Control Di PT Estetika Dipa Utama Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_3136_Abstrak.pdf

Download (57Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230425

Abstract

Perkembangan teknologi dan bisnis saat ini semakin memunculkan berbagai cara yang dilakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan dan berrtahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Selain memikirkan cara yang tepat untuk bersaing, badan usaha juga harus memperhatikan faktor lain yaitu sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan faktor yang penting dalam menunjang keberhasilan badan usaha. Salah satu cara yang dapat dilakukan badan usaha untuk mengendalikan sumber dayanya adalah adalah dengan menetapkan sistem pengendalian dan gaya kepemimpinan yang sesuai. Sistem pengendalian manajemen dibutuhkan dalam badan usaha untuk mengendalikan karyawan agar tindakan yang dilakukan tetap selaras dengan tujuan badan usaha. Sistem pengendalian manajemen yang diterapkan dapat berupa pengendalian formal dan pengendalian informal. Pengendalian formal terdiri dari action dan result control, sementara pengendalian informal terdiri dari personnel dan cultural control. Sedangkan gaya kepemimpinan diperlukan sebagai jembatan dalam pencapaian tujuan badan usaha melalui arahan yang diberikan. Seorang pemimpin memiliki fungsi sebagai pengambil keputusan dalam upaya memaksimalkan kinerja karyawan dan juga pemanfaatan sumber daya dalam pencapaian tujuan badan usaha. Penerapan gaya kepemimpinan dan sistem pengedalian yang sesuai dapat menciptakan sebuah efektivitas dalam pencapaian tujuan badan usaha secara lebih optimal. Berawal dari kondisi inilah, penelitian ini mencoba untuk membahas tentang peranan sistem pengendalian manajemen berkaitan dengan gaya kepemimpinan yang digunakan dalam PT. Estetika Dipa Utama Surabaya. Sistem pengendalian manajemen dan gaya kepemimpinan yang di terapkan dalam badan usaha ini adalah dengan memadukan penerapan personnel control dan gaya kepemimpinan transformasional untuk memberikan arahan dalam pencapaian tujuan badan usaha.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Manajemen, Personnel Control, Gaya Kepemimpinan, Transformational Leadership.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 07 Apr 2014 09:51
Last Modified: 07 Apr 2014 09:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item