Puspita, Thera (2006) Pembuatan Aplikasi Perangkat Lunak Pembelajaran Tentang Virus Dan Monera Untuk Siswa SMA. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_730_Abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Pembuatan tugas akhir ini berkaitan dengan pembuatan aplikasi perangkat lunak pembelajaran tentang materi Virus dan Monera untuk siswa SMA, Permasalahannya adalah siswa sulit mendeskripsikan secara jelas tentang materi Virus dan Monera selain itu penyampaian materi tidak disertai dengan gaambar. Berdasarkan hasil kuisioner yang telah disebarkan kepada 30 siswa SMA, diperoleh bahwa sebagian besar siswa kesulitan dalam mempelajari materi ini karena materi ini membutuhkan cukup banyak hafalan. Sehingga memerlukan latihan yang banyak dan dihutuhkan suatu metode untuk memhantu siswa dalam menghafal. Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini antara lain untuk membantu siswa SMA dalam mempelajari materi virus dan monera. Aplikasi pembelajaran ini merupakan salah satu altematif pembelajaran yang dapat memhantu siswa dalam mempelajari materi virus dan monera. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk belajar dan berlatih secara mandiri. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diterapkan satu metode pembelajaran alternatif yaitu dengan mernanfaatkan media komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah pemahaman materi. Melalui tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak pembelajaran agar siswa SMA dapat mempelajari materi Virus dan Monera. Aplikasi perangkat lunak ini berisi penjabaran materi, disertai dengan animasi, latihan soal dan permainan yang dibuat supaya membantu siswa dalam, selain itu akan disediakan kamus untuk istilah-istilah asing yang terdapat dalam materi virus dan monera. Dengan adanya aplikasi perangkat lunak pembelajaran ini dapat membantu siswa SMA dalarn memahami dan mempelajari materi Virus dan Monera. Saran untuk menyempumakan tugas akhir ini mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang menggunakan aplikasi berbasis web untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (e-learning), penggunaan bahasa Inggris dalam penyampaian materi, selain itu adanya fasilitas untuk menambah soal dan permainan dapat membantu untuk menambah variasi dalam belajar.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 00:32 |
Last Modified: | 22 Apr 2014 00:32 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11478 |
Actions (login required)
View Item |