FaktorFaktor Penyebab Stres pada Guru Taman KanakKanak di Surabaya

Olivia, Athalia (2005) FaktorFaktor Penyebab Stres pada Guru Taman KanakKanak di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_187_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_187_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151959

Abstract

Dalam menyampaikan program pendidikan di TK, tidak bisa lepas dari peran guru sebagai pengajar. Guru adalah tokoh utama yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid-murid baik secara individual maupun klasikal, baik di dalam maupun di luar kelas. Memang harus diakui bahwa profesi sebagai guru bukanlah profesi yang mudah, bukan hanya sekedar mampu mengajar di depan kelas tetapi juga dituntut lebih untuk membentuk pribadi anak dan mengembangkan potensi anak supaya anak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Lebih khusus lagi untuk pendidikan di TK, guru memiliki beban tanggung jawab yang berat. Dalam menghadapi anak usia TK, guru dituntut tidak banyak mampu menguasai materi pelajaran saja tapi juga dibutuhkan sikap sabar, memiliki kemampuan untuk mengasuh dan juga harus bisa mendisiplinkan anak didiknya. Belum lagi harus berhadapan dengan kepala sekolah, orang tua murid, rekan kerja bahkan dengan masyarakat, yang mana masing-masing pihak memiliki harapan dan tuntntan yang berbeda-beda. Guru lama-kelamaan akan mengalami stres apabila guru tidak mampu menjalankan pekerjaannya. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 4 orang guru TK yang mengajar di Surabaya. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara yang disertai dengan data anamnesa, yang selanjutnya akan dianalisa secara kualitatif: Adapun tujuannya untuk memberikan gambaran tentang faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya sttes pada guru TK. Hasil penelitian membuahkan kesimpulan babwa pada umumnya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru TK adalah masalah tentang kondisi tubuh yang kadang-kadang kurang mendukung pada saat bekerja dan kondisi fisik kelas yang kurang memadai karena jumlah murid yang terlalu banyak, tapi itu semua tidak sampai menimbulkan stres yang berlebihan karena semua subyek mampu mengatasi masalah yang dihadapinya dengan baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 29 Apr 2014 05:35
Last Modified: 29 Apr 2014 05:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12298

Actions (login required)

View Item View Item