Studi Deskriptif Motivasi Wisatawan Nusantara dalam Berwisata di Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya Dikota Surabaya

KARIM, AMALIYAH ABDUL (2011) Studi Deskriptif Motivasi Wisatawan Nusantara dalam Berwisata di Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya Dikota Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4956_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4956_Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/223454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan motivasi wisatawan nusantara dalam berwisata di Objek dan Daya Tarik (ODTW) Budaya di Surabaya. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui gambaran motivasi wisatawan ODTW Budaya berdasarkan 4 kelompok besar motivasi wisatawan menurut Mc.Intosh dan Murphy. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif karena penelitian ini menggambarkan motivasi masyarakat Surabaya dalam beriwsata di ODTW Budaya. Sebagai tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan konsep pariwisata, wisatawan, serta motivasi wisatawan dengan 4 kelompok besar motivasi wisata yaitu, Physical or Physiological Motivation, Cultural Motivation, Social or Interpersonal Motivation dan Fantasy Motivation. Target dan karakteristik populasi penelitian adalah wisatawan berdomisili di kota Surabaya, berusia diatas 17 tahun, dan pernah mengunjungi ODTW Budaya di kota Surabaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dari 4 kelompok besar motivasi wisatawan yang diteliti pada ODTW Budaya di Surabaya, dapat diketahui motivasi yang paling tinggi adalah Social or Interpersonal Motivation dikarenakan responden memiliki kesenangan dalam kebersamaan dengan keluarga saat mengunjungi ODTW Budaya. Dan motivasi yang terendah yakni Fantasy Motivation, karena responden merasa atraksi wisata yang ditampilkan di ODTW Budaya kurang membuat wisatawan merasa enjoy.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: motivasi wisata, physical or physiological motivation, cultural motivation, social or interpersonal motivation, fantasy motivation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 01 May 2014 12:46
Last Modified: 01 May 2014 12:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12554

Actions (login required)

View Item View Item