Komputerisasi Untuk Departemen Front Office Pada Hotel Tunjungan Di Surabaya

Ramadani, Endry Dian (1997) Komputerisasi Untuk Departemen Front Office Pada Hotel Tunjungan Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_136_Abstrak.pdf

Download (75Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137622

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi yang terjadi sangat maju dan cepat, sehingga kebutuhan akan informasi semakin diperlukan. Penggunaan komputer pada saat ini sudah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam segala bidang karena banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh bila dibandingkan dengan cara manual. Perhotelan adalah salah satu dari bidang tersebut yang membutuhkan komputer untuk pengolahan datanya. Hotel merupakan salah satu bisnis yang ikut menunjang perkembangan pembangunan. Pelaku bisnis, wisatawan dan pihak lainnya membutuhkan hotel untuk menunjang aktivitas mereka. Oleh karena itu hotel sudah saatnya untuk memikirkan satu langkah maju dalam penyediaan informasi dan pelayanan terhadap tamu. Hotel mempunyai 2 aktifitas yaitu aktifitas front office dan back office. Front office menangani mulai dari proses yang berhubungan langsung dengan tamu. Sistem informasi untuk perhotelan yang dirancang dan di implementasikan dalam bentuk program aplikasi, membahas tentang komputerisasi untuk departemen front office. Front office menangani mulai dari proses reservasi, check in sampai dengan check-out. Proses reservasi yang dilakukan meliputi pendataan tamu yang akan menginap di hotel dan proses walk-in meliputi pendataan data tamu yang datang langsung ke hotel tanpa melakukan pemesanan kamar terlebih dahulu, sedangkan proses check-out meliputi pengecekan tamu yang akan melakukan check-out dengan terlebih dahulu melunasi segala pembayaran dari departemen food and beverage, laundry dan jasa yang terjadi selama menginap di hotel. Rancangan komputerisasi pada sistem informasi untuk perhotelan yang dibuat dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam transaksi yang terjadi selama tamu menginap di hotel dan menggunakan fasilitas hotel karena dengan pengoperasian program aplikasi ini maka proses penyewaan kamar, proses perpanjangan inap dan pembayaran dapat diperoleh dengan cepat dan tepat, dan pembuatan laporan harian tentang status kamar dan nomer kamar berapa saja yang terpakai, tamu yang booking, kedatangan tamu dan keberangkatan tamu akan diperoleh lebih cepat dan tepat, sehingga akan menguntungkan pihak perhotelan, juga meningkatkan mutu pelayanan terhadap tsmu, karena hotel merupakan bisnis yang mengutamakan pelayanan terhadap tamu

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 05 May 2014 04:37
Last Modified: 05 May 2014 04:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item