CHANDRA, ARIS (2011) Pembuatan Game Interaktif Belajar Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar Kelas V. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_1452_Abstrak.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Di era global sekarang ini setiap orang dituntut dalam penggunaan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Para siswa dituntut pula dalam penggunaan bahasa Inggris, karena bahasa inggri s merupakan mata pelajaran yang wajib ditempuh. Di karenakan adanya tuntutan tersebut banyak tersedia fasilitas yang mempermudah setiap orang yang ingin mempelajari bahasa inggris. Sekarang ini banyak ditawarkan program bimbinga n belajar maupun game interaktif yang membuat bahasa inggris lebih menarik untuk dipelajari. Selama ini game interaktif yang ada di pasaran tidak mengikuti materi yang spesifik. Materi yang disampaikan dalam game interaktif tersebut hanya bersifat umum. Pada tugas akhir ini disusun sebuah aplikasi permainan yang dapat membantu siswa SD kelas V untuk lebih memahami materi bahasa inggris kelas V SD. Aplikasi permainan ini fokus pada pembelajaran mengenai vocabulary dan tata bahasa . Permainan ini terdiri dari 4 mini games, di mana pemain dapat memilih mini games yang akan diselesaikan terlebih dahulu. Disetiap mini games terdapat sebuah kunci yang pada akhir permainan, kunci tersebut akan digunakan untuk membuka peti harta karun yang tersembunyi. Permianan ini dilengkapi pula dengan fitur nilai tertinggi, di mana deng an fitur tersebut pemain dapat menilai seberapa jauh penguasaan akan materi ba hasa inggris kelas V SD. Selain itu, permainan ini dilengkapi dengan fitur tambahan yaitu kamus. Di mana dengan adanya fitur kamu, pemain dapat lebih memahami kosakata-kosakata pada permainan. Permainan ini diimplementasikan dengan menggunakan software adobe flash CS3. Dari proses verifikasi dan validasi, diperoleh hasil yang mengatakan bahwa materi yang disampaikan pada progr am ini sesuai dengan materi bahasa Inggris untul siswa SD kelas V. Program ini menarik dan juga dapat membuat siswa untuk lebih memahami vocabulary dan tenses. Saran pengembangan ke depan untuk program ini adalah tingkat kesulitan permainan easy,normal,hard sehingga pemberian soal-soal pada setiap mini games dapat disesuaikan dengan tingkat ke sulitan tersebut. Desain gambar dibuat lebih menarik lagi, penambahan efek suara(pelafalan kata) pada fitur kamus sehingga pemain atau user tidak hanya mengerti arti dari kosakata yang ada pada permainan, tetapi dapat juga mengetahui pelafalan kata tersebut dengan benar
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembuatan Game Interaktif, Bahasa Inggris |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Radiyanti 201032 |
Date Deposited: | 07 May 2014 05:00 |
Last Modified: | 07 May 2014 05:00 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13352 |
Actions (login required)
View Item |