Sukmawati, Desy Putri (2011) Profil Tanggapan Konsumen terhadap Kualitas Layanan Pemberian Informasi Obat dalam Pekerjaan Kefarmasian di Beberapa Apotek di Kecamatan Sukomanunggal Surabaya Barat. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
F_3155_Abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
Abstract
Dilakukan penelitian profil tanggapan konsumen terhadap kualitas layanan pemberian informasi obat dalam pekerjaan kefarmasian di beberapa apotek kecamatan Sukomanunggal Surabaya barat, melibatkan 125 responden, 5 apoteker, 5 asisten apoteker dengan metode non-probability sampling. Data diambil dengan menggunakan metode Survey. Hasil persentase yang didapat apoteker yang tidak memberikan informasi : 60% tentang obat; konsultasi obat; interaksi obat dengan obat lain atau makanan, 80% efek samping obat. Dan apoteker yang memberikan informasi : 60% pantangan yang harus dihindari, kadaluarsa, dan dalam bentuk media; 80% indikasi obat, kontra indikasi obat, cara penyimpanan obat, lama pengobatan; 100% aturan minum, dosis, frekuensi dan cara penggunaan obat. Persentase responden yang tidak mendapatkan informasi : 60% lama pengobatan, 63,2% efek samping obat, 72% interaksi obat dengan obat lain atau makanan, 61,6% cara penyimpanan dan waktu kadaluarsa obat. Dan yang mendapatkan informasi : 66,4% khasiat obat, 79,2% aturan pakai, dosis dan frekuensi pemberian obat. Apoteker yang paling dibutuhkan oleh responden : cara penggunaan obat (21,50%) dan tujuan pengobatan (20,38%). Peranan Asisten Apoteker di apotek adalah 100% memberikan informasi obat, cara pemakaian obat (18,75%). Kata Kunci: Kualitas layanan pemberian informasi obat, tanggapan konsumen apotek, peranan apoteker, peranan asisten apoteker.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsumen, Kualitas Layanan, Informasi Obat |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 09 May 2014 09:29 |
Last Modified: | 09 May 2014 09:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13752 |
Actions (login required)
View Item |