Pembuatan Social Network dan E-Commerce Website Berbasis PHP dan Jquery

OLIVIA, MARIA GRACIA (2012) Pembuatan Social Network dan E-Commerce Website Berbasis PHP dan Jquery. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1542_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1542_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/229181

Abstract

Social network merupakan struktur atau jaringan sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jaringan ini menunjukkan keterhubungan mereka karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang saling mengenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Social network merupakan media yang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya waktu dan tentunya perkembangan tersebut semakin besar. Oleh karena alasan inilah pertumbuhan e- commerce mulai menjamur di berbagai media social network. Semakin banyak user yang terkumpul, maka semakin besar pula peluang untuk terjualnya barang di media tersebut. Namun sebagian besar pengguna social network merasa terganggu dengan maraknya perkembangan e-commerce yang ada. Hal ini dikarenakan banyaknya foto-foto barang yang di- tag ke mereka dan membuat notifikasi mereka penuh dengan hal yang menurut mereka tidak berguna. Mereka menganggap hal ini tidak berguna karena mereka sebenarnya tidak ingin membeli apapun dari e-commerce tersebut, namun mereka hanya menerima mereka menjadi teman saja. Selain terganggunya pengguna social network, fitur yang disediakan oleh social network untuk pembuatan sebuah e-commerce tentulah kurang memadai. Analisis kebutuhan user terhadap social network dan e-commerce dilalukan sehingga dapat dibuat sebuah desain aplikasi yang cocok dengan segmen masyarakat secara umum. Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk aktivitas social network serta e-commerce di dalamnya adalah wallpost , notes , event , pesan, grup, serta profil yang dapat membantu pengenalan satu user dengan user lain dan juga pembuatan toko, penginputan barang yang dapat diberikan diskon, grafik yang membantu pengelola mengetahui keuntungan toko serta jumlah pembeli di dalam toko dan rating pada toko dan barang untuk fitur e-commerce. Melalui hasil kuisioner yang telah dilakukan, telah dibuktikan bahwa aplikasi telah mencukupi kebutuhan e-commerce sekaligus tetap berhubungan dengan teman-temannya melalui social network yang juga disediakan oleh sistem. Aplikasi ini juga lebih memberi privasi pada user, bila user tidak menginginkan adanya e-commerce pada social network mereka.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Social Network, Commerce, wallpost, notes, event
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 12 May 2014 02:42
Last Modified: 12 May 2014 02:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13794

Actions (login required)

View Item View Item