Study Exploratory Motif Mahasiswa Dalam Menggunakan Empat Atau Lebih Kartu Kredit Di Surabaya

MITHALY, SARTIKA (2013) Study Exploratory Motif Mahasiswa Dalam Menggunakan Empat Atau Lebih Kartu Kredit Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5375_Abstrak.pdf

Download (36Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233929

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi atau menggali lebih dalam tentang motif mahasiswa dalam menggunakan empat atau lebih kartu kredit di Surabaya. Data yang digunakan di dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh dengan cara melakukan wawancara secara mendalam (depth interview) dengan responden yaitu mahasiswa di Surabaya yang menggunakan 4 atau lebih kartu kredit berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara, Populasi yang akan diteliti tidak teridentifikasi, oleh karena itu peluang dari anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel berdasarkan keputusan peneliti. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 8 orang mahasiswa, yang kemudian dapat digali lebih dalam tentang motif mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan prosedur coding. Prosedur coding dimulai dari open coding diikuti axial coding dan diakhiri dengan selective coding. Pengukuran motif yang didasarkan pada indikator-indikator motif dalam 4 kutub ganda kecenderungan motif yaitu Motif Kognitif (Cognitive, Motif Afektif (Affective), Motif Pemeliharaan (Preservation), Motif Pertumbuhan (Growth), Motif Aktif (Active), Motif Pasif (Passive), Motif Internal, Motif Eksternal (External). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya telah ditemukan bahwa kombinasi kecenderungan motif, yaitu motif cognitive, motif affective, motif growth, motif preservation, motif active, motive passive, motif internal serta motif external. Dari semua motif yang ada sebagian besar responden dipengaruhi oleh motif external dalam memutuskan untuk memiliki dan menggunakan 4 kartu kredit atau lebih di Surabaya. Selain itu dari keseluruhan motif yang telah diklasifikasikan oleh Mc. Guire, ada dua motif yang mempengaruhi lebih dari seorang yaitu motif Attribution, Objectifaction, dan Utilitarian. Motif Attribution mempengaruhi Prama dan Daryl. Objectifaction mempengaruhi Prama, Meyrlin, Daryl dan Yunita dan Motif Utilitarian mempengaruhi Ronny dan Angko

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Motif Cognitive, Affective, Preservation, Growth, Active.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 14 May 2014 06:10
Last Modified: 14 May 2014 06:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item