Aplikasi Theory Of Constraint Dalam Market Based Pricing Sebagai Continual Improvement Melalui Peningkatan Throughput Dan Cash Flow PT. Philips Ralin Electronics Di Sidoarjo.

Damayanti, Tri Laksmi (1996) Aplikasi Theory Of Constraint Dalam Market Based Pricing Sebagai Continual Improvement Melalui Peningkatan Throughput Dan Cash Flow PT. Philips Ralin Electronics Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_681_Abstrak.pdf

Download (109Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154137

Abstract

Persaingan yang sangat ketat, terutama menjelang tahun 2000, yaitu Asia menjadi pasar potensial dunia, menyebabkan semua pelaku usaha, tidak terkecuali Indonesia, berusaha memperbaiki diri, menciptakan produk yang bersaing, yaitu produk yang berkualitas, tepat waktu, dan harga yang sesuai. Dalam mengantisipasi keadaan tersebut badan usaha harus memiliki strategi bersaing. Menurut Porter (1980) ada tiga macam strategi bersaing generik yaitu overall cost leadership, diferensiasi, dan fokus. Pemilihan strategi bersaing akan mempengaruhi manajemen biaya organisasi, seperti diungkapkan Shank dan Govindarajan. Informasi akuntansi menjadi penting dalam membantu penetapan strategi bersaing, khususnya dalam strategi penetapan harga. Penetapan harga berpengaruh besar terhadap arus kas yang masuk ke badan usaha. Menurut Horngren, Foster, dan Datar (1994), ada dua pcndekatan penetapan harga yaitu market-based pricing dan cost-based pricing. Kedua pendekatan tersebut berbeda dalam penekanannya, pendekatan pertama lebih mengutamakan pengaruh eksternal (pesaing dan daya beli konsumen) dalam pasar, sedangkan pendeka tan kedua lebih mengu tamakan biaya yang ter j adi dalam bad an us aha. Informasi biaya yang relevan diperlukan sebagai salah satu dasar pengambilan putusan. Adanya kendala dalam badan usaha menyebabkan proses produksi yang optimum tidak dapat dicapai. Dalam market-based pricing kendala yang terdapat dalam badan usaha menyebabkan perolehan net profit jangka pendek tidak maksimum. Untuk mengantisipasi adanya kendala dalam meningkatkan net profit badan usaha, diterapkan theory of constraint. Penerapan theory of constraint dalam market-based pricing di tekankan pada net profit yang dihasilkan dari bauran produk. Penyediaan informasi tentang struktur biaya dan aktifitas yang bernilai tambah dan yang tidak bernilai tambah yang dikonsumsi kendala diperlukan untuk lebih memaksimumkan netprofit tiap produk, sehingga jika terjadi perubahan pada harga pasar atau permintaan pasar, dapat dicari alternatif pemecahannya. Dalam skripsi ini diterapkan theory of constraint dalam market-based pricing pada produk lampu pijar tipe A60 clear 25watt, 40 watt, dan 60 watt PT Philips Ralin Electronics, yang dalam tiga bulan terakhir tahun 1995, proses produksi mendekati kendala. PT PRE menetapkan strategi cost leadership sebagai srategi bersaing yang dikombinasi dengan diferensiasi produk. Theory of constraint berpandangan jangka pendek yaitu semua biaya selain biaya throughput diasumsikan tetap selamat idak terjadi perubahan kapasitas dalam rantai nilai badan usaha.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 22 May 2014 05:05
Last Modified: 26 May 2014 04:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item