Penerapan Activity Based Costing di Dalam Meningkatkan Keakuratan Biaya Produk Pada Bank X Di Jakarta

Sumijati, Titiek (1994) Penerapan Activity Based Costing di Dalam Meningkatkan Keakuratan Biaya Produk Pada Bank X Di Jakarta. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_248_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_248_Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154420

Abstract

Dalam lingkungan usaha yang semakin kompetitif, maka perusahaan-perusahaan dituntut dapat menekankan perbaikan secara terus menerus di dalam mutu produk maupun mutu pelayanan, dengan harga jual yang rendah kepada konsumen. Oleh karena itu pihak manajemen harus dapat mengelola perus8haan dengan efektifitas dan efisiensi yang setinggi mungkin. Begitu pula dengan manajemen bank memerlukan informasi yang akurat mengenai biaya per produk maupun per pelanggan dalam mcngha.dapi tingkat persaingan yang meningkat secara tajam sejak Pakto 1988. Sistem ABC dapat menghasilkan informasi tersebut dengan cara memfokuskan perhatiannya pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan tmtuk menghasilkan produk. Dalam skripsi ini, ruang lingkup penerapan metode Activity-Based Costing hanya dibatasi pada konsep, manfaat dan cam kerjanya saja. Sistem biaya Bank "X" menggunakan konsep ABC untuk menghasilkan suatu matrix yang menyajikan informasi mengenai biaya per produk dan per segmen bisnis. Sistem tersebut mengalokasikan semua biaya ke produk dan segmen-segmen bisnis yang ada. Matrix yang ada kemudian dipakai untuk melakukan analisis profitabilitas per produk/segmen bisnis. Dari hasil ini diharapkan perusahaan dapat mengambil keputusan-keputusan secara tepat di dalam mencapai tujuan perusahaan

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 23 May 2014 04:39
Last Modified: 23 May 2014 04:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15187

Actions (login required)

View Item View Item