Yusa, Ervina (2006) Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Sempoa. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_728_Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Sempoa merupakan alat hitung sederbana yang muncul sejak ribuan tahun lampau yang berasal dari daerab Asia Timur. Pembelajaran sempoa sejak dini yang diterapkan pada anak-anak terbukti sangat bermanfaat bagi perkembangan motorik anak sehingga anak akan terbiasa melakukan pekerjaan dengan cepat. Untuk belajar sempoa dapat dilakukan dengan mengikuti kursus atau ekstrakurikuler disekolah akan tetapi untuk melakukan hal tersebut harus menyediakan waktu dan dana tersendiri untuk mengikutinya. Pembelajaran sempoa juga dapat ditemui didalam aplikasi multimedia pembelajaran yang banyak beredar dipasaran. Namun aplikasi multimedia pembelajaran yang ada banya menyertakan sempoa sebagai salah satu pelajaran tambahan, tidak membahasnya secara lengkap hanya pengenalan tentang cara menggunakan sempoa saja. Salah satu penyelesaian yang dapat dicoba untuk mengatasi permasalaban ini adalah dengan membuat suatu aplikasi multimedia pembelajaran yang dapat memperkenalkan dan mengajarkan dasar-dasar penggunaan sempoa dengan lengkap kepada anak dengan cara yang menarik dan interaktif Dengan menggunakan aplikasi ini anak diharapkan dapat mempelajari sempoa sendiri dirumah tanpa terikat waktu dan tempat. Aplikasi pembelajaran ini dirancang dalam bentuk tutorial dengan menyampaikan materi pelajaran kepada siswa secara bertahap. Pengujian pemahaman dari siswa diberikan oleb sistem komputer dengan mengajukan pertanyaan dan jawaban dari siswa kemudian dievaluasi. uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu verifikasi dan validasi. Pada tahap verifikasi, basil dari implementasi dicoba untuk membuktikan tidak ada kesalahan lagi. Sedangkan pada tahap validasi, basil dari implementasi dicobakan kepada beberapa pemakai untuk memastikan hasil implementasi sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan hasil uji coba maka diketahui babwa Aplikasi Multimedia Pembelajaran Sempoa ini dapat membantu dalam mempelajari sempoa. Dan saran yang dapat dilakukan untuk pengembangan perangkat lunak selanjutnya yaitu dengan menambah materi lebih lanjut seperti materi pembagian, konversi ukuran, bilangan desimal dan perhitungan jual beli. Dan juga dapat memperbanyak variasi latihan soal dengan tingkat kesulitan berjenjang.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Radiyanti 201032 |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 02:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 02:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15660 |
Actions (login required)
View Item |