Penerapan Analysis Value Chain untuk Mendukung Strategi Diferensiasi dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing pada BU. X di Gedangan

Liyanto, Diana (1999) Penerapan Analysis Value Chain untuk Mendukung Strategi Diferensiasi dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing pada BU. X di Gedangan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1375_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1375_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153499

Abstract

Perkembangan industri Petrokimia termasuk Polyethylene dari waktu ke waktu semakin meningkat. Sifat komoditasnya yang global menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat di bidang industri Plastik. Untuk menghadapi persaingan yang ketat ini, badan usaha perlu untuk menjadi "beda" dari pesaingnya yaitu berbeda dalam content dan context. Content berarti "what to offer" dan context berarti "how to offer". Keberhasilan suatu badan usaha dalam memenangkan persaingan tergantung dari strategi apa yang digunakan dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing. Menurut Porter, Value Chain adalah suatu alat analisis yang dapat digunakan untuk menganalisis sumber keunggulan bersaing dengan menguraikan aktivitas yang terjadi dalam badan usaha ke dalam aktivitas-aktivitas yang relevan secara strategis. Aktivitas-aktivitas nilai yang terdapat dalam rantai nilai adalah aktivitas inbound logistics, operation, outbound logistics, marketing and sales dan service merupakan aktivitas primer serta aktivitas procurment, human resources management, technology development dan firm infrastructure merupakan aktivitas pendukung. BU. X. dalam usahanya menciptakan keunggulan bersaing menggunakan strategi diferensiasi yang mengusahakan agar badan usaha berbeda dari pesaingnya sehingga diharapkan akan dapat bersaing melalui quality dan service dan dapat menciptakan persaingan yang terbatas dengan badan usaha-badan usaha yang mampu bertahan saja. Strategi ini didukung dengan penerapan analisis value chain untuk mengidentifikasikan aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan rantai nilai BU. X. yang sangat berperan dalam menentukan keunggulan bersaing. Dengan penerapan analisis value chain ini, strategi djferensiasi BU. X. tercermin dalam aktivitas operations yang berkaitan dengan kualitas yang dihasilkan BU. X. dan outbound logistics yang berkaitan dengan service yang kesemuanya ini dilakukan oleh BU .X. untuk memberikan nilai tambah bagi pelangganya sehingga dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan. Value chain diharapkan dapat mengalokasikan biaya dengan lebih akurat sehingga dapat mendukung strategi diferensiasi BU.X. bahkan menjadi differentiator dalam industri bola plastik sehingga keunggulan bersaing dapat tercapai.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:24
Last Modified: 03 Jun 2014 04:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15685

Actions (login required)

View Item View Item