Pembuatan Computer Aided Learning Matematika Bilangan Pecahan Untuk Anak Kelas 6 SD

BUDIHARTANTO, FELIX (2013) Pembuatan Computer Aided Learning Matematika Bilangan Pecahan Untuk Anak Kelas 6 SD. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
MMD_80_Abstrak.pdf

Download (40Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234236

Abstract

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan monoton sehingga anak bosan dan malas untuk mempehatikan. Hal itu akan mengakibatkan prestasi dalam bidang matematika juga kurang baik, sehingga siswa mengikuti kursus agar dapat mengerti materi-materi yang diajarkan di sekolah. Pada saat ini sudah banyak pembelajaran yang berbasis hiburan dan game yang beredar, karena itu lebih menyenangkan dan tidak monoton. Oleh karena itu, metode pembelajaran menggunakan animasi dan game merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa akan matematika. Maka dari itu dibuatlah sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif tentang pecahan ini yaitu CAL(Computer Aided Learning). CAL yang akan dibuat ini akan terdapat 10 pelajaran dimana tiap pelajaran terdapat animasi tentang pembelajaran tersebut. Selain itu juga akan ada halaman evaluasi pada tiap topik yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa tentang topik pecahan tersebut. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi memberikan hasil yang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, karena menurut pengguna, aplikasi pembelajaran matematika bilangan pecahan ini menarik sehingga anak-anak dapat memahami pecahan dengan lebih baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: CAL, Matematika, Pecahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 05 Jun 2014 09:38
Last Modified: 05 Jun 2014 09:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item View Item