Analisis Kebutuhan Software Belajar Mengarang untuk Kelas 5 SD

Setiawati, Eunike (2005) Analisis Kebutuhan Software Belajar Mengarang untuk Kelas 5 SD. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_202_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_202_Abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133882

Abstract

Keterampilan menulis merupakan bekal yang penting untuk menjamin kelancaran kegiatan akademis siswa di masa depan, misalnya untuk membuat makalah dan skripsi. Di sekolah, kegiatan ini diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, sub-pokok bahasan mengarang. Namun, dari hasil wawancara awal dengan beberapa guru dan siswa, pelajaran tersebut kurang mendapat perhatian yang serius dari guru maupun siswa. Padahal mengingat pentingnya manfaat pelajaran mengarang, keterampilan tersebut perlu dikembangkan. Dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer yang dimiliki sekolah, maka cara yang dapat ditawarkan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mendesain software belajar mengarang. Fokus penelitian ini adalah analisis kebutuhan terhadap kebutuhan belajar-mengajar siswa dan guru dalam pelajaran mengarang terkait dengan proses pengembangan software belajar mengarang. Adapun tujuan pengembangan software ini adalah untuk memfasilitasi kebutuhan siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif-kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada siswa (N = 140) dan guru (N = 8) pada satu kelas V pada masing-masing sekolah yang menjadi subyek penelitian. Beberapa guru diwawacara untuk menambah kelengkapan data yang terkumpul lewat angket. Data yang terkumpul kemudian di-koding dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, memakai bantuan SPSS versi 9. Hasil penelitian menggambarkan kebutuhan siswa dan guru dalam pelajaran mengarang terutama adalah dalam hal belajar-mengajar tentang low level skill dalam mengarang (penerapan aturan gramatikal bahasa dan konvensi tulisan dalam karangan) serta high level skill (yaitu penyusunan dan pengembangan ide cerita). Siswa juga membutuhkan animated agent (agen animasi) dalam program, yang berfungsi untuk memberikan umpan balik pada hasil karya siswa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: analisis kebutuhan, software, belajar mengarang,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 06 Jun 2014 09:31
Last Modified: 06 Jun 2014 09:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item View Item