Liatiawati, Judi (1996) Business Process Analysis Sebagai Dasar Perbaikan Proses Bisnis Dalam Rangka Efisiensi Biaya Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_568_Abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan industri paku meningkat seiring pertumbuhan properti. Pada tahun 1994 dan 1995 terjadi boom properti yang membuat pertumbuhan sektor properti tinggi. Pertumbuhan industri paku ini juga didorong oleh industri baja yang merupakan bahan baku dari paku. Dengan paket 23 Oktober 1993, maka harga besi bisa semakin murah. Dampaknya pada bisnis industri yang menggunakan bahan baku besi baja akan berkembang lebih pesat daripada sebelumnya. PT "X" yang bergerak dalam industri paku mengalami pembengkakan biaya. Untuk mengatasi masalah ini badan usaha berusaha dengan menelusuri bagian mana yang menjadi penyebabnya, dan mencari upaya untuk menekan biaya tersebut. Atau dengan kata lain, badan usaha menggunakan pola pandang fungsional dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi. Dengan demikian masalah yang dihadapi tidak pernah mendapat penyelesaian yang jelas dan tuntas. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya PT "X" menerapkan Business Process Analysis. Business Process Analysis adalah pendekatan proses yang digunakan oleh badan usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya, termasuk dalam memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi. Dalam penerapannya, mengabaikan dinding pemisah antar fungsi yang dibentuk melalui struktur organisasi dan membentuk proses proses. Proses-proses yang dibentuk ini memungkinkan terjadinya lintas fungsi. Penggelolaan aktivitas dilakukan dengan mempertimbangkan kepuasan konsumen) Penerapan Business Process Analysis diakhiri dengan pengembangan rencana perbaikan melalui identifikasi root causes dari setiap masalah yang ditemukan, khususnya dalam aktivitas yang tidak memberi nilai tambah kepada konsumen eksternal maupun bagi badan usaha sendiri. Dengan demikian PT "X" dapat meminimisasi bahkan mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah. Sehingga efisiensi biaya dapat tercapai dan akhirnya badan usaha dapat mempertahankan konsumennya bahkan dapat memperbesar pangsa pasarnya dalam tingkat persaingan yang semakin tinggi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 00:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2014 02:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16734 |
Actions (login required)
View Item |