Pengaruh Family Business dan Corporate Governance Terhadap Firm Performance Pada Badan Usaha yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2010

PRANATA, FERDY and Rudiawarni, Felizia Arni and Eriandani, Rizky (2013) Pengaruh Family Business dan Corporate Governance Terhadap Firm Performance Pada Badan Usaha yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2010. In: Seminar Nasional dan Call for Papers Riset Ekonomi dan Bisnis Inklusif, 30 Mei 2013, Fakultas Ekonomi Sebelas Maret Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Felizia-PengaruhFamilyBusin-2013.pdf

Download (85Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh family business dan corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Family business diidentifikasi dengan kepemilikan saham oleh keluarga dan juga kepemimpinan oleh keluarga. Sedangkan corporate governance diukur dengan karakteristik dewan direksi dan debt. Kinerja diukur dengan ukuran pasar Tobin's Q. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi tinier berganda. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan yang tergabung dalam 15 subsektor di Bursa Efek Indonesia dengan rata-rata kepemilikan keluarga tertinggi selama 2008-2010. Jumlah sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah sebanyak 437 data. Kemudian dari sampel ini dipecah menjadi 2 sampel yaitu sampel family business berjumlah 294 data dan non family business berjumlah 143 data untuk digunakan dalam pengujian hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa family ownership memberikan dampak negatif namun tidak signifikan kepada kinerja, sedangkan jika sebuah perusahaan dipimpin oleh anggota keluarga pendiri, maka dampaknya akan negatif signifikan kepada kinerja. Selain itu, terdapat perbedaan pengaruh karakteristik dewan direksi kepada kinerja antara family business dan non family business. Temuan yang terakhir mengindikasikan bahwa tingkat hutang akan berdampak positif signifikan terhadap kinerja perusahaan keluarga. Hal ini menunjukkan kepemimpinan oleh . anggota keluarga pendiri perusahaan, karakteristik dewan direksi dan tingkat hutang dapat digunakan sebagai ukuran yang relevan bagi kinerja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: family business, corporate governance, debt, firm performance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Adpesdam Ubaya
Date Deposited: 19 Jun 2014 01:57
Last Modified: 19 Jun 2014 02:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item