Pengaruh Earnings Management terhadap Future Profitability terkait dengan Ownership Structure, Firm Size dan Corporate Governance Practices

Asmara, Ikhsan Yudha and Rudiawarni, Felizia Arni (2013) Pengaruh Earnings Management terhadap Future Profitability terkait dengan Ownership Structure, Firm Size dan Corporate Governance Practices. In: The 1st Corporate Sustainability Natinal Conference , 04 Desember 2013, Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

[thumbnail of Felizia-PengaruhEarningsManagement-2013.pdf]
Preview
PDF
Felizia-PengaruhEarningsManagement-2013.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh earnings management terhadap future profitability badan usaha yang bergerak di sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan bagaimana efek dari struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan praktik corporate governance (yang diproksikan oleh audit.quality, indepe~nt board member, dan audit committee) terkait dampak earnings management terhadap future profitability badan usaha sektor manufaktur yang terdaftar di BEl. Penelitian ini menggunakan sampel berupa perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2010. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 262 observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling judgment/purposive sampling. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah earnings management ( diproksikan oleh CPO, NDAC, dan DAC), ownership structure ( diproksikan oleh DFAM dan INST), .firmsize, dan corporate governance practice ( diproksikan oleh AUDIT, BOD, dan AUDCOM). Variabel dependen pada penelitian ini adalahfuture profitability yang diproksikan oleh variabel AEARNt+t dan CF<lt+t· Hasil dari penelitian ini adalah (1) earnings management terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap future profitability badan usaha sektor manufaktur. Pengaruh yang muncul berbeda tergantung pada proksi yang digunakan; (2) ownership structure temyata tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku earnings management terkait future profitability badan usaha sektor manufaktur·; (3) firmsize tidak mempengaruhi perilaku earnings management terkait future profitability badan usaha sektor manufaktur; corporate governance practice secara keseluruhan tidak efektif dalam mempengaruhi perilaku earnings management terkait future profitability badan usaha sektor manufaktur.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: future profitability, earnings management, ownership structure, corporate governance practice
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Adpesdam Ubaya
Date Deposited: 19 Jun 2014 01:59
Last Modified: 24 Mar 2021 14:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item View Item