Analisis Product Positioning Strategy Dari segi Persepsi Konsumen Pada Professional Training Services Di Surabaya

Harsono, Veby (1994) Analisis Product Positioning Strategy Dari segi Persepsi Konsumen Pada Professional Training Services Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_1745_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_1745_Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/146250

Abstract

Dewasa ini bahasa Inggris senakin dirasakan penting oleh masyarakat. Semakin banyaknya penanaman modal asing di Indonesia, banyaknya buku-buku pendidikan dalam bahasa Inggris, banyaknya lenbaga pendidikan yang menyampaikan pengajaran dalam bahasa Inggris dan sebagainya. 0leh karena itu, semakin bermunculan lembaga pendidikan yang menawarkan program kursus bahasa Iggris. Berkembangnya lembaga-lembaga kursus bahasa Iggris mengakibatkan timbulnnya persaingan yang senakin tajam diantara lembaga kursus yang sejenis. Untuk dapat bertahan dalam arena persaingan, salah satu strategi yang dapat dijalankan dalam upaya nenawarkan program kursus adalah penempatan (positioning,). Strategi penempatan produk merupakan salah satu cara yang dilaksanakan untuk menenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen yang sudah jenuh terhadap produk atau jasa dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh badan usaha lainnya yang sejenis. Bila suatu produk atau jasa menempati posisi yang unik dalam benak konsunen sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen maka hal inilah yang mendorong intensitas pembelian terhadap produk atau jasa tersebut. Dalam penelitian ini, penulis memilih untuk nenganalisis strategi penempatan produk dari lembaga kursus bahasa Inggris Professional Training Services (PTS), karena semakin ketatnya persaingan yang dihadapi oleh PTS sehingga penempatan produk sebagai salah satu strategi kunci perlu diperhatikan. Metode pengukuran strategi penempatan produk adalah dilihat dari persepsi konsumen, dimana strategi penempatan produk dikatakan berhasil apabila sesuai dengan persepsi konsumen. Ada lima macam strategi penempatan produk yang diukur, yaitu position on product features, position on benefits, position onusage, position onusers dan position against competition. Dari pengukuran itu maka dapat diperoleh informasi tentang persepsi konsumen terhadap strategi penempatan produk dari lenbaga kursus Professional Training Services. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen yang dipilih untuk dijadikan responden, dimana kuesioner yang disebarkan terdiri dari satu bagian yaitu kuesioner bagian persepsi. Kuesioner yang disebarkan menggunakan teknik semantic differential scale dan jenis skala pengukurannya adalah interval. Populasi pada penelitian ini adalah orang-orang yang mengikuti kursus di professional Training Service beralamat di Wisna BII, 5th floor, jalan pemuda 60_?0, Surabaya, berjumlah 197 orang yang terbagi dalan 5 tingkatan kelas. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 responden yang terbagi dalan 5 tingkatan kelas dengan menggunakan teknik sampling yaitu probability tipustratified random sampling karena peluang dari populasi untuk dijadikan sampel diketahui pengambilan sampel melalui melalui penyebaran kuesioner dilakukan pada lembaga kursus PTS selana 5 hari dalam satu minggu mulai hari Senin tanggal 30 Mei 1994 sampai hari Jumat tangga1 3 Juni 1994. ...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Jun 2014 00:58
Last Modified: 11 Jul 2014 07:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17345

Actions (login required)

View Item View Item