HALIM, DYAH CITRA DEWI (2013) Sarana Bantu Pembelajaran Piano Studio Bagi Anak Pra Sekolah. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
DMP_56_Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Piano merupakan salah satu alat musik yang sudah dikenal dan banyak digemari oleh semua orang. Piano dapat dipelajari oleh berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Usia ideal untuk anak-anak belajar piano adalah umur 3-5 tahun dimana anak-anak sejak dini sudah mulai diajarkan untuk menggunakan otak kanan dan kirinya yang dapat menstimulasi atau merangsang kecerdasan anak. Untuk anak-anak usia 3-5 tahun, mereka tidak akan diajar langsung ke piano, tetapi lebih ke arah pengenalan suara, irama musik dan teori dasar piano. Teori musik ini yang membuat anak-anak kesulitan dalam belajar karena mereka merasa jenuh karena kurangnya media untuk mempelajari teori dasar tersebut. Dalam pembelajaran anak pra sekolah, anak-anak akan lebih menyukai pembelajaran dengan metode permainan. Pembelajaran anak usia pra sekolah dengan sekolah tentunya berbeda, dimana pembelajaran dilakukan dalam suasana bermain yang menyenangkan. Sebuah permainan yang dapat mengenalkan mereka pada teori musik dengan cara yang lebih menyenangkan dengan menggunakan media yang menarik. Happy Frog adalah sebuah permainan yang dirancang khusus untuk anak-anak belajar mengenal teori dasar musik dan pembelajaran lainnya. Dengan permainan ini anak dapat belajar musik dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Produk ini juga telah diuji coba kepada anak-anak dan ternyata anak-anak menyukai permainan ini dan belajar teori piano terasa lebih mudah dan menyenangkan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | piano, permainan, anak pra sekolah |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2014 08:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17785 |
Actions (login required)
View Item |