Tanojo, Karin Lucia (2005) Gaya Berpikir dan Peferensi Metode Pengajaran. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ks-ed-204.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Preferensi terbadap metode pengajaran dan gaya berpikir merupakan faktor-faktor yang mendukung keberbasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini ingin mengetahui pola-po1a keterkaitan antara gaya berpikir dengan preferensi rnahasiswa terhadap rnetode pengajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif eksploratoris dengan menggunakan angket gaya berpikir basil adaptasi dari Sternberg-Wagner Thinking Style Inventory yang menyajikan profil gaya berpikir individu (legislatif, eksekutif, yudisial, monarki, hierarki, oligarki, anarki, global, lokal, internal, eksternal, liberal, dan konservatif). Instrumen lain adalah angket preferensi rnetode pengajaran yang melihat kesukaan atau kesesuaian mahasiswa dengan metode-metode ceramah tanya-jawab, diskusi kelompok, tugas individual, tugas kelompok. Peneliti mengambil secara non-random 562 mahasiswa dari lima fakultas ( farmasi, hukwn, ekonomi, psikologi, dan teknik). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi. Hasil menunjukkan adanya korelasi signifikan namun moderat antam dimensi fungsi gaya berpikir dan cakupan dengan preferensi pada metode-metode pengajaran tertentu. Temuan lain yang menarik adalah adanya perbedaan pola keterkaitan gaya berpikir dan preferensi metode pengajaran antar fakultas. Didiskusikan pula implikasi dari basil penelitian terhadap proses pembelajaran.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya berpikir, preferensi metode pengajaran, pembelajaran. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 10:14 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 14:48 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18030 |
Actions (login required)
View Item |