Pengaruh pelatihan asertif pada siswa-siswi SMP

Setiono, Vivi (2003) Pengaruh pelatihan asertif pada siswa-siswi SMP. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of K_271_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
K_271_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148244

Abstract

Setiap manusia tidak akan lepas dari hubungan antar pribadi dengan orang lai~ baik dengan orang-orang yang ada di lingkungan keluarga, maupun di luar lingkungan keluarga agar bisa bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan tersebut sering menimbulkan banyak masalah yang mewarnai hubungan antara seorang dengan yang lainnya. Masalah-masalah tersebut, bahkan seringkali menimbulkan dampak negatif bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya sehingga mempengaruhi kualitas hubungan yang terbentuk. Masalah ini juga sering te:rjadi pada remaja siswa SMP kelas I yang sedang dalam masa puber. Dalam masa puber seorang rem~a sedang berusaha mencari jati diri dan butuh untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik demi berhasilnya tugas perkembangan masa remaja. Salah satu cara untuk dapat menjalin hubungan interpersonal yang baik adalah dengan menggunakan perilaku asertif Perilaku asertif ini bukan merupakan bawaan lahir, namun hams dipelajari secara bertahap dan sejak dini. Pelatihan asertivitas adalah suatu teknik pelatihan yang dimaksudkan untuk mengajarkan dan membiasakan individu berperilaku asertif dalam hubungan sehari-hari dengan orang lain di sekitamya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelatihan asertivitas terhadap peningkatan perilaku asertif siswa-siswi SMP. Sampel yang digunakan adalah siswa-siswi kelas I SMP Kr. Petra 5 Surabaya. Pemilihan sampel berdasarkan skor perilaku asertif yang dimiliki (kategori rendah dan cukup ). Penelitian ini bersifat Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Pre-test Post-test Design. Dengan menggunakan analisis uji dua sampel independent Mann-Whitney-U-Test tampak bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang mengikuti pelatihan dan kelompok yang tidak mengikuti pelatihan. Hasil analisis uji dua sampel berkorelasi dari Wilcoxon menunjukkan bahwa ada peningkatan skor perilaku asertif yang signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah pelatihan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan asertivitas berpengaruh terhadap peningkatan perilaku asertif pada siswa-siswi SMP.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Asertivitas, Perilaku Asertif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 23 Jun 2014 10:24
Last Modified: 23 Jun 2014 10:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item View Item