The Role of Exchange in Customer Loyalty of Social Network Sites

Anandya, Dudi (2012) The Role of Exchange in Customer Loyalty of Social Network Sites. Manajemen & Bisnis, 11 (2). pp. 156-294. ISSN 1412-3789

[thumbnail of Dudi_TheRoleOfExchange_2012.pdf]
Preview
PDF
Dudi_TheRoleOfExchange_2012.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Pertukaran telah disepakati menjadi pokok bahasan di dalam pemasaran. Kehadiran Internet menyebabkan munculnya suatu jenis pertukaran baru yaitu pertukaran informasi. Manusia dari berbagai belahan dunia saling mempertukarkan informasi tanpa mengenal tempat dan waktu melalui situs jejaring sosial. Dalam beberapa tahun belakangan bermunculan situs jejaring sosial yang silih berganti. sehingga menarik untuk diteliti tentang pengaruh pertukaran terhadap loyalitas pengguna situs jejaring sosial. Hal ini mengingat tidak adanya hiaya keanggotaan dalam suatu jejaring sosial sehingga anggota dapat berpindah sewaktu-waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap efek langsung dan tidak langsung yang ditimbulkan oleh pertukaran informasi terhadap loyalitas pengguna situs jejaring sosial. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengguna situs jejaring pertemanan sosial facebook dan friendster. Jumlah responden adalah 256 orang. Hasil penelitiun menunjukun bahwa efek langsung memiliki pengaruh lebih kuat dibanding efek tidak langsung. Hal ini berarti bahwa pengelola situs harus mendorong penggunanya melakukan pertukamn informasi secara aktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: exchange, value, community, social network site
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Adpesdam Ubaya
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:49
Last Modified: 30 Oct 2014 06:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19792

Actions (login required)

View Item View Item