SUTANTO, HANNY NOVITASARI (2014) Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat untuk Tuna Wicara dengan Standar American Sign Language. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Bahasa isyarat merupakan salah satu bentuk bahasa yang bisa dipelajari yang mengutamakan komunikasi dengan bahasa tubuh, ekspresi muka, dan beberapa gerakan pendukung bukan suara. Bahasa isyarat ini banyak digunakan oleh kaum tuna wicara dan tuna rungu. Namun sumber yang dibutuhkan masih terbatas, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kasus yang baru saja terjadi akhir-akhir ini yaitu tentang pernerjemah bahasa isyarat palsu pada pemakaman Nelson Mandela. Hal ini berarti masih kurang lembaga yang mengajarkan bahasa isyarat, buku tentang bahasa isyarat, dan suatu alat untuk pembalajaran bahasa isyarat secara mandiri. Dari permasalahan di atas, maka dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran bahasa isyarat untuk dapat membantu pengguna agar bisa mempelajari bahasa isyarat dengan mudah secara mandiri. Standar bahasa isyarat yang digunakan adalah American sign Language (ASL). Standar ini digunakan karena standar ini masih banyak dipakai pada berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Amerika Utara, Afrika Barat, dan Asia Tenggara sehingga bagi tuna wicara bahasa isyarar dapat menjadi sebagai bahasa yang dikenal dalam kalangan mereka sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi berupa website agar mudah diakses oleh segala kalangan di mana aplikasi ini juga dilengkapi dengan kamus sehingga pengguna tidak perlu menggunakan kamus manual dan latihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pengguna untuk berbahasa isyarat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Sign Language |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 23 Jul 2014 07:43 |
Last Modified: | 23 Jul 2014 07:43 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20065 |
Actions (login required)
View Item |