Integrasi Kansei Engineering dan Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di Industri Jasa Restauran

Hartono, Markus and Winardi, Andrew Octavianus and Suryani, Rosita Meitha (2013) Integrasi Kansei Engineering dan Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di Industri Jasa Restauran. Indonesia Journal of Industrial Engineering (INJIE), 03 (02). pp. 49-59. ISSN 2087-5118

[thumbnail of INJIE_MarkusHartono_Abstrak_2013.pdf]
Preview
PDF
INJIE_MarkusHartono_Abstrak_2013.pdf

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of INJIE_2013_MarkusHartono.pdf] PDF
INJIE_2013_MarkusHartono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ramainya persaingan bisnis kuliner di Surabaya menjadi salah satu alasan perusahaan untuk lebih mementingkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Kansei Engineering (KE) merupakan metode untuk menerjemahkan kebutuhan afektif konsumen ke dalam desain produk atau proses, mengingat kebutuhan kognitif tidaklah cukup dan tidak lagi menjadi kebutuhan utama. Diharapkan dengan diintegrasikannya metode KE ke dalam Customer Relationship Management (CRM), dapat menerjemahkan kebutuhan konsumen yang sesungguhnya sehingga dapat menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian dilakukan pada 3 restoran tematik di Surabaya yaitu De kasteel, Khayangan, dan Platinum Grill, diambil sebanyak 102 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis loyalitas terbanyak adalah softcore, sedangkan perasaan yang paling dominan yang dirasakan oleh konsumen adalah perasaan nyaman. Namun hasil dari analisis SEM menunjukkan bahwa proses afektif atau kansei words tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan secara signifikan dan kualitas layanan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Usulan perbaikan diberikan berdasarkan atribut layanan yang terletak di kuadran 4 pada analisis kuadran dan berdasarkan atribut layanan yang memiliki bobot regresi terbesar dari analisis SEM pada masing-masing dimensi SERVQUAL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering, Customer Relationship Management, loyalitas konsumen, kualitas layanan, SERVQUAL
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Markus Hartono 61124
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:47
Last Modified: 20 Oct 2014 01:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item