Pelapis Keramik dari Bentonit-TiO2 Berkemampuan Fotokatalis; Sintesis dan Aplikasinya dalam Pengolah Limbah Organik Cair dan Pembuatan Ruangan Steril

Widi, Restu Kartiko and Fransiscus, Yunus and Budhyantoro, Arief (2014) Pelapis Keramik dari Bentonit-TiO2 Berkemampuan Fotokatalis; Sintesis dan Aplikasinya dalam Pengolah Limbah Organik Cair dan Pembuatan Ruangan Steril. Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[img] PDF
Restu Kartiko Widi_Universitas Surabaya_laporan akhir th I PUPT 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3650Kb) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan pengolahan limbah cair terutama terhadap senyawa organik, dengan metode yang lebih sederhana, cepat, efektif dan tidak menimbulkan efek polusi sekunder pada dekade terakhir ini semakin besar. Hal serupa juga terjadi pada kebutuhan akan ruangan steril terutama pada bidang layanan kesehatan yang semakin meningkat. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk membuat material dan menyusun metode yang dapat menyederhanakan permasalahan tersebut. Penelitian yang diajukan ini direncanakan dibagi menjadi tiga tahap penelitian selama tiga tahun. Pada tahun ke-I (2014), penelitian dilakukan dengan fokus pada sintesis bahan fotokatalis berbasis oksida dengan pengemban bentonit yang diharapkan mampu mendegradasi bahan organik (fenol), zat warna dan bersifat anti bakteri. Target penelitian ini adalah material yang dihasilkan memiliki efektifitas fotokatalisis yang tinggi dan harga material yang murah. Material yang disintesis adalah campuran oksida TiO2 dan Fe3O4 yang diembankan pada padatan lempung bentonit. Adapun metode sintesis yang digunakan adalah metode sol-gel campuran suspensi TiO2 dan suspensi oksida besi serta suspensi bentonit. Bahan yang digunakan dalam pembuatan oksida titanium adalah TiCl4 dan titanium propoksida, sedangkan bahan untuk pembutan oksida besia adalah FeCl3 dan FeCl2. variabel yang diteliti adalah rasio jumlah Ti dan Fe, dengan variasi Ti:Fe adalah 1:1, 2:1, 1:2, 3:1, dan 1:3. Material TiO2-Fe3O4 yang telah diembankan pada padatan bentonit, selanjutnya dikalsinasi pada suhu antara 500 - 700oC selama 1 jam. Material yang dihasilkan kemudian dikarakterisasi menggunakan XRD dan SEM. Tahapan selanjutnya pada penelitian tahun I ini adalah karakterisasi material fotokatalis yang diperoleh menggunakan BET dan SEM/TEM dan kemudian diuji aktivitas fotokatalisisnya pada reaksi degradasi senyawa organik (basic blue dan phenol) dalam sistem batch. Pada tahun I ini juga akan dilakukan kajian awal metode pelapisan material pada keramik. Luaran penelitian berupa: 1) artikel yang telah diterima (accepted) untuk diterbitkan pada International Journal of Applied Engineering Research (IJAER); 2) makalah yang diprentasikan pada kegiatan ISFACHE 2014 (2nd International Seminar on Fundamental and Application of Chemical Engineering 2014); 3) draft naskah usulan pengajuan paten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Depositing User: Restu Kartiko Widi 6178
Date Deposited: 17 Nov 2014 05:10
Last Modified: 17 Nov 2014 05:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item View Item