Studi Hubungan Antara Kemampuan Numerical Dan Minat Computasional Terhadap Prestasi Belajar Dengan Mengontrol Inteligensi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Angkatan 1993 Universitas Surabaya di Surabaya

Handoko, Indahwati (1995) Studi Hubungan Antara Kemampuan Numerical Dan Minat Computasional Terhadap Prestasi Belajar Dengan Mengontrol Inteligensi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Angkatan 1993 Universitas Surabaya di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_21_Abstrak.pdf

Download (44Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152184

Abstract

Dunia kerja di lndonesia sering berubah-ubah seiring dengan kebutuhan usaha di lndonesia. Saat ini bany6k lulusan Universitas yang bekerja tidak sesuai dengan minat studi yarg telah diambil. Sehingga banyak siswa luluan SMA saat ini yang berkesempatan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi cendenrung memilih fakultas ekonomi sebagai pilihan, tanpa mempertimbangkan apakah sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Akibatnya tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kegagalan dalam studi karena meskipun IQ-nya superior, minat serta kemampuan cukup, tetapi prestasi belajar menurun. Hal ini disebabkan karena banyak faktor yang berpergaruh selain kemampuan, minat dan inteligensi; seperti motivasi, peranan orarg tua, pergaruh teman, kondisi keuangan, juga kesempatan karier dan gaji Yang ditawarkan. Sehingga tujuan umum penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan numerical dan minat computasional terhadap prestasi belajar dengan mengontrol Inteligensi pada mahasiswa fakultas ekonomi angkatan 1993 jurusan akuntansi Universitas Surabaya di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa dan teknik sampling yang digunakan adalah "purpossive sampling", analisa data menggunakan Korelasi Parsial jenjang pertama dan metode pergumpulan data dengan metode testing DAT subtes NA, tea minat Kuder, dan tes IQ AR-1, serta metode angket dan dokumentasi. Maka diperoleh kesimpulan : 1. Dengan r1, y-2 = -0,140 dan p = 0,523 (p>0,3), yang berarti tidak signifikan. Sehingga kesimpulannya, tidak ada hubungan antara kemampuan numerical terhadap prestasi belajar dengan mengontrol inteligensi pada mahasiswa fakultas Ekonomi arqkatan 1993 jurusan akuntansi Universitas Surabaya di Surabaya. 2. Dengan r2, y-1 = 0,144 dergan p = 0,538 (p>0,3), yang berarti tidak signifikan. Sehingga kesimpulannya, tidak ada hubungan antara minat computasional terhadap prestasi belajar dengan mengontrol inteligensi pada mahasiswa fakultas Ekonomi angkatan 1993 jurusan akuntansi Universitas Surabaya di surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 15 Jan 2015 03:00
Last Modified: 15 Jan 2015 03:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item View Item