Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa-Siswi Yang Diberi TEKANAN dan Yang Tidak Diberi TEKANAN Pada Tes Yang Diujikan Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Kelas V SDK KATARINA SURABAYA

Indrakusuma , Yantik (1996) Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa-Siswi Yang Diberi TEKANAN dan Yang Tidak Diberi TEKANAN Pada Tes Yang Diujikan Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Kelas V SDK KATARINA SURABAYA. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_29_Abstrak.pdf

Download (77Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152118

Abstract

Pemberian tekanan oleh pendidik terhadap anak didiknya tidak selalu membawa dampak positif berupa peningkatan hasil belajar , namun dapat pula menimbulkan dampak negatif berupa adanya penurunan hasil belajar karena tekanan dianggap sebagai beban mental. Pemberian tekanan yang disertai dengan konsekuensi yang kurang menyenangkan menyebabkan individu berusaba untuk menghindari konsekuensinya agar tidak mendapat malu dari lingkungan sekit arnya. Pemberian tekanan akan membawa dampak yang berbeda pula bagi penerimanya, dalam arti respon yang dimunculkan oleh siswi perempuan berbeda dengan respon yang dimunculkan siswa laki-laki. Sebubungan dengan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa-siswi yang diberi "tekanan" dan yang tidak diberi "tekanan" pada tes yang diujikan ditinjau dari ,ienis kelamin di kelas V SDK Katarina Surabaya. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas V SDK Katarina Surabaya, tahun ajaran 1995-1996, yang diambil dengan menggunakan "Total Populat ion Study". Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal- soal matematika untuk mengungkap hasil belajar masing-masing siswa dan tes CPM untuk mengontrol tingkat inteligensisiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anakova AB dengan satu kovariabel dan t-test. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang cukup meyakinkan antara siswa-siswi yang diberi "tekanan" dan yang tidak diberi "tekanan" pada tes yang diujikan di kelas V SDK Katarina Surabaya , dengan hasil F = 2. 263 dan p - 0 .131, yang berarti cukup signifikan, karena p < 0 .15. Disamping itu j uga diperoleh hasil "Tidak ada perbedan hasil belajar antara siswa laki-laki dan siswi perempuan di kelas V SDK Katarina Surabaya, dengan basil F = 0.238 dan p = 0.633, yang berarti tidak signifikan, karena p > 0.30 . Pemberian tekanan akan berdampak negatif pacta laki-laki dan tidak berpengaruh pada siswa perempuan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 04:04
Last Modified: 04 Feb 2015 04:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22223

Actions (login required)

View Item View Item