Validitas Prediktif Nilai Ebtanas Murni SMP TErhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SMUK Petra II Surabaya

Kisworo, Fonny (1996) Validitas Prediktif Nilai Ebtanas Murni SMP TErhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SMUK Petra II Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_40_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_40_Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152124

Abstract

Penyeleksian ketat bagi siswa pada awal tahun ajaran baru merupakan salah satu usaha sekolah untuk mencetak manusia berkualitas melalui bidang akademis. Nilai Ebtanas Murni sebagai hasil tes evaluasi yang dianggap terstandar digunakan sebagai dasar penerimaan siswa baru. Keberhasilan proses transformasi yang ditampakkan pada hasil output dipengruhi pula oleh proses input yang ada. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi SMUK Petra II kelas Ill yang berjumlah 307 orang yang terdiri dari 125 orang jurusan A 1, 41 orang jurusan A2, 141 orang jurusan A3. Metode sampling yang digunakan pada jurusan A 1 dan A3 adalah Random Sampling. Sedangkan untuk jurusan A2 digunakan Total Population Study. Jumlah sampel yang terpakai adalah 176 orang yang terdiri dari 65 orang jurusan A1, 41 orang jurusan A2, 70 orang jurusan A3. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan program komputer Seri Program Statistik yang dibuat ofeh Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyanto, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia versi IBM/IN 1995. Variabel bebas penelitian ini adalah Nilai Ebtanas Murni SMP, variabel tergantungnya adalah prestasi belajar, dan kovariabelnya adalah inteligensi. Simpulan yang diperoleh adalah NEM SMP memiliki validitas prediktif terhadap prestasi belajar pada siswa kelas Ill SMUK PETRA II Pada jurusan A 1 dan A2, NEM SMP memiliki validitas prediktif terhadap prestasi belajar sedangkan pada jurusan A3, NEM SMP memiliki validitas prediktif terhadap prestasi belajar. Di samping itu hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara inteligenai dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak sekolah dalam proses penerimaan siswa baru, sedangkan untuk masyarakat khususnya orang tua dan siswa dapat mengambil sikap yang bijaksana sehubungan dengan diadakannya EBTANAS.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 05:06
Last Modified: 04 Feb 2015 05:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item