Profil Cara Belajar pada Mahasiswa yang Tinggal di Lingkungan Pesantren

Tri Santi, Emilda (2008) Profil Cara Belajar pada Mahasiswa yang Tinggal di Lingkungan Pesantren. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_327_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_327_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133396

Abstract

Cara belajar merupakan pilihan seseorang untuk menentukan sikapnya dalam kegiatan belajar dan pembiasaan diri dalam melakukan kegiatan belajar, yang cara-cara dalam kegiatan belajar ini memiliki berbagai ragam seperti menulis, merangkum, membaca, konsentrasi pada ujian, dan mengatur waktu, serta menghafal. Bagi mahasiswa yang tinggal di pesantren yang harus membagi waktu antara kegiatan kuliah dengan kegiatan pesantren berkaitan dengan belajar yang efektif bukan hal yang mudah, untuk itu setiap mahasiswa harus menemukan cara-caranya sendiri yang dipandang efektif agar tercapai tujuan belajarnya. Demikianlah penelitian ini akan mengungkap cara belajar pada mahasiswa yang tinggal di pesantren sekaligus mendeskripsikan cara belajar mahasiswa-santri. Penelitian deskriptif yang difokuskan pada analisis cara belajar pada mahasiswa yang tinggal dipesantren, dengan mengambil subjek sebanyak 102 mahasiswa dari pesantren di lingkungan kampus IAIN Surabaya. Data-data di ambil melalui angket penelitian dan diukur melalui skala Likert. Analisis data dilakukan melalui teknik mean cluster pada semua aspek cara belajar. Hasil analisis menunjukkan adanya tiga kelompok cara belajar, yaitu kelompok 1 yang cenderung reaktif – impulsif, artinya subjek memiliki cara belajar yang didasari oleh kesadaran terhadap kelebihan dan kekurangannya sendiri untuk menentukan cara belajarnya (a repertoire of learning) yang cenderung impulsif, dan subjek cenderung mengikuti naluri dengan memperimbangkan analisisnya (kondisi, situasi dan mood) dan waktu yang kadang individu menjadi tampak lebih reaktif. Kelompok 2 yang tergolong sebagai subjek self regulation yang cara belajarnya ditandai dengan adanya tujuan belajar (goal seting), perencanaan (planning), dan aktivitas mengulang informasi dengan menemukan konsep penting suatu materi (rehearsing and memorizingi) dan mengontrol perilakunya sendiri. Kelompok 3 sebagai subjek adequate effort, yang cara belajarnya tergolong kurang terorganisir, cenderung fleksibel atau mengikuti irama lingkungan dan suasana hati dan kurang memperhatikan tujuan yang akan di capai.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Cara belajar, mahasiswa, pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 09:13
Last Modified: 05 Feb 2015 09:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22388

Actions (login required)

View Item View Item