Pelatihan Lead untuk Meningkatkan Self Efficacy pada Anak Jalanan

Setyawan, Bonny Hesti (2011) Pelatihan Lead untuk Meningkatkan Self Efficacy pada Anak Jalanan. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPsi_56_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPsi_56_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224372

Abstract

Pengentasan anak jalanan merupakan tanggung jawab bersama. Bentuk pengentasan ini dapat berupa penguatan sisi psikologis yang berfungsi untuk modal individu agar mendapatkan tujuan kesuksesan di masa depan. Bagi anak jalanan yang tidak mengetahui cara menyelesaikan kesulitan dan mudah menyerah untuk melewati proses dalam pencapaian tujuan, akan sulit untuk mencapai tujuannya. Daya juang pada penelitian ini disebut sebagai Adversity Quotient (AQ), sedangkan keyakinan individu dalam mencapai tujuan disebut self efficacy. LEAD (Listen, Explore, Analyze dan Do) adalah pelatihan untuk meningkatkan AQ . Meningkatnya daya juang seseorang akan membuat orang tidak mudah dalam menghadapi kesulitan sampai tujuannya tercapai. Proses asesmen dan pelatihan ini didesain sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak jalanan, seperti; tingkat inteligensi, daya konsentrasi, dan tingkat pemahaman anak jalanan. Pelatihan dilaksanakan 2 hari; pada hari pertama terkait dengan materi Adversity Quotient, dan hari kedua adalah LEAD yang merupakan implementasi dari pelatihan hari pertama. Subjek pada penelitian ini adalah anak binaan Pondok Sosial Wonorejo. Dipilih dua orang subjek yang memenuhi kriteria; bisa membaca, rentang usia 14 – 20 tahun, dan mendapatkan bimbingan di Ponsos. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa ada peningkatan AQ dan self efficacy antara sebelum dan sesudah pelatihan. Perbedaan antara pre dan post treatment dilihat dari dua parameter, yaitu skor angket dan observasi selama pelatihan. Walaupun dari hasil analisis statistika tidak terbukti dengan analisis wilcoxon (Z = -1.342, p = 0,18), namun secara kualitatif penelitian ini memperlihatkan pelatihan LEAD dapat meningkatkan keyakinan seseorang dalam mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LEAD Training, Self Efficacy, Adversity Quotient, Street Children
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 24 Feb 2015 08:36
Last Modified: 24 Feb 2015 08:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23335

Actions (login required)

View Item View Item