Pembuatan Game Untuk Melatih Aspek Kognitif Anak Usia 5 Tahun

Arinoto, Clarissa Oktavia (2009) Pembuatan Game Untuk Melatih Aspek Kognitif Anak Usia 5 Tahun. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1111_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1111_Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/155492

Abstract

Bermain merupakan tahap awal dari proses belajar anak-anak yang dialami semua manusia. Melalui bermain anak-anak akan banyak memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru, yang sangat baik untuk perkembangan pikiran. Seiring dengan perkembangan otak dan pikirannya, anak-anak usia 5 tahun memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Hal itu dapat merangsang pikiran anak untuk dapat menyelesaikan sebuah permainan. Namun tidak semua permainan yang telah beredar saat ini memberikan dampak yang positif kepada anak-anak. Banyak permainan yang memberikan dampak negatif kepada anak-anak, misalnya permainan yang mengandung unsur kekerasan. Ditambah lagi dengan kurangnya pengawasan dan pendampingan orang tua dalam mengikuti aktifitas anak -anak. Pada tugas akhir ini disusun sebuah aplikasi permainan yang dapat membantu anak-anak dalam melatih aspek kognitif yang sangat penting bagi perkembangan pikiran anak-anak. Karena aspek kognitif merupakan dasar dari proses-proses mental atau pikiran. Beberapa game sejenis yang sudah ada pada saat ini yaitu Dora The Explorer Candy Land dan Belajar Bersama Didut Aku Mau Tahu Vol.2 kurang dapat mencakup keseluruhan kawasan studi kognitif. Oleh karena itu, tugas akhir ini dibuat dengan mencantumkan materi-materi sebagai berikut: Berbahasa (language), pembentukan konsep, ingatan (memory), kecerdasan visual, dan kecerdasan numerik, pemecahan masalah (problem solving), pemahaman, penalaran dan logika berpikir. Permainan akan disajikan dengan 2 pilihan karakter dan 2 pilihan lokasi permainan. Masing-masing lokasi permainan memiliki 5 mini game yang berbeda. Pemain tidak dapat melanjutkan permainan jika tidak dapat menyelesaikan permainan sebelumnya. Game ini diimplementasikan dengan menggunakan software Adobe Flash CS3. Dari proses verifikasi dan validasi diperoleh hasil yang menyatakan bahwa program permainan ini menarik, mudah digunakan dan dapat membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan menambah pengetahuan baru. Saran yang diberikan untuk pengembangan aplikasi ini adalah penambahan fitur bahasa inggris, penambahan materi kognitif yang lebih detail, dan tambahan fitur untuk mencetak hasil dari proses belajar user.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Game
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 25 Mar 2015 07:46
Last Modified: 24 Nov 2015 06:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23679

Actions (login required)

View Item View Item