KUMALA, WILLIAM SURYA JAYA (2014) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Benda Berbasis Game untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
MMD_139_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Sains merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan sejak SD dan bertujuan untuk membantu anak mempelajari tentang alam semesta sehingga mereka dapat memperluas pengetahuan tentang diri sendiri dan alam sekitar. Salah satu materi yang diajarkan dalam Sains adalah pengenalan sifat benda. Dalam materi ini anak diharapkan dapat mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. Materi sains umumnya disampaikan melalui buku dengan komposisi gambar dan tulisan yang terkadang membosankan bagi anak-anak. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penyampaian materi dengan menggunakan kemajuan teknologi, contohnya menggunakan media interaktif dan permainan edukatif yang terdapat di dalamnya, dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan minat anak untuk belajar. Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah aplikasi multimedia interaktif sebagai sarana untuk membantu anak dalam mempelajari sifat benda. Aplikasi ini dijalankan pada media komputer. Teori-teori yang digunakan dalam aplikasi ini adalah tahap-tahap pembuatan aplikasi multimedia, tahap-tahap pembuatan aplikasi multimedia, desain interface multimedia, media pembelajaran, psikologi anak, pengetahuan sifat benda untuk anak SD kelas 1, dan desain interface yang efektif dalam aplikasi untuk anak. Sebelum aplikasi dibuat, perlu dianalisis kebutuhan sistem aplikasi yang dibuat, yaitu dengan analisis keadaan saat ini, analisis aplikasi multimedia sejenis. Pembuatan aplikasi diawali dengan mendesain user interface, script, storyboard. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash CS 5.5 untuk pembuatan animasi, Adobe Illustrator CS 5.1 dan Adobe Photoshop CS 5.1 untuk pembuatan dan pengeditan gambar, dan Audacity untuk perekaman dan pengeditan suara. Aplikasi sudah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan memberikan kuesioner dan tes program pada anak-anak SD kelas I dibantu oleh guru pembimbing mereka. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena user dapat merasakan manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana pembelajaran sifat benda yang menarik. Aplikasi multimedia interaktif ini telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai salah satu media pembelajaran mengenai benda dan juga membantu anak-anak dalam mempelajari mengenai sifat benda.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, media pembelajaran, pengenalan benda. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 07 May 2015 07:10 |
Last Modified: | 07 May 2015 07:10 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24237 |
Actions (login required)
View Item |