Analisis Kadar Natrium (Na) dan kalium (K) pada Garam Rendah Natrium Merek A, B dan C dengan Instrumen Inductively Coupled Plasma Spectrometer (ICPS)

Siantoso, Widya Rahayu (2010) Analisis Kadar Natrium (Na) dan kalium (K) pada Garam Rendah Natrium Merek A, B dan C dengan Instrumen Inductively Coupled Plasma Spectrometer (ICPS). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2925_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2925_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132303

Abstract

Natrium dan kalium merupakan logam yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Oleh karena itu, beberapa industri mulai memproduksi garam rendah natrium. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa garam rendah natrium mengandung kadar natrium yang lebih rendah dibandingkan garam pada umumnya. Sampel yang digunakan adalah garam merek A, B, dan C yang dikumpulkan dari swalayan dan pasar tradisional di Surabaya Timur. Kadar natrium dan kalium pada sampel diteliti menggunakan alat Inductively Coupled Plasma Spectrometer (ICPS). Hasil kadar natrium dibandingkan dengan garam merek D sebagai pembanding. Hasil penelitian sebagai berikut: sampel A mengandung 18,10% natrium dan 12,27% kalium; sampel B mengandung 14,18% natrium dan 16,60% kalium; sampel C mengandung 24,11% natrium; serta pembanding D mengandung 39,97% natrium. Kemudian, kadar natrium dianalisis dengan uji t untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara sampel dengan pembanding. Hasil uji t menunjukkan t hitung sebagai berikut: sampel A 29,32; sampel B 57,38; dan sampel C 7,62. Harga t tabel pada selang kepercayaan 5% adalah 2,13. Harga t hitung > t tabel, maka H0 ditolak, H1 diterima. Hal ini berarti kadar natrium pada sampel berbeda signifikan dibandingkan pembanding. Hasil penelitian ini perlu diteliti lebih lanjut agar dapat mengaitkan peranannya dengan kesehatan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Analisis kadar Natrium, Kalium, Instrumen Inductively Coupled Plasma Spectrometer
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Jun 2015 07:58
Last Modified: 26 Jun 2015 07:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24748

Actions (login required)

View Item View Item