Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Kesiapan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Kristen Petra IX Surabaya

Triastuti, Erlyan (1990) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Kesiapan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Kristen Petra IX Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_26_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_26_Abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143688

Abstract

Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi individu karena begitu banyak hal-hal yang didapatkan melalui membaca, antara lain informasi tentang ilmu penge-tahuan, hasil penelitian atau liputan-liputan peristiwa. Membaca, akan sangat membantu dalam melakukan aktivitas kehidupan yang lain terutama dalam bidang akademik karena sebagian besar pengetahuan individu didapat dari nedia cetak terutama buku-buku, serta kemampuan membaca dan memahami bacaan. Begitu pentingnya membaca bagi individu, sehingga sebaiknya anak diajarkan membaca sejak dini. Kebiasaan membaca dimulai dari rumah; Orangtua yang sering membaca-kan ceritera kepada putera-puterinya atau yang terlihat aktif membaca, akan sangat mempengaruhi kebiasaan membaca anak. Selanjutnya cara orangtua mendidik anak-anaknya sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan pendidikan yang diperoleh orangtua sebelumnya. Orangtua yang berpendidik-an tinggi, umumnya lebih mengerti akan arti pendidikan bagi anak-anaknya, sehingga lebih memungkinkan untuk menciptakan lingkungan yang kaya akan rangsang pendidikan. Sehubungan dengan pernyataan tersebut di atas penulis tertarik untuk meneliti hubungan antara tingkat pendidikan orangtua dengan kesiapan membaca anak di Taman Kanak-kanak Kristen Petra IX Surabaya. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara tingkat pendidikan orangtua dengan kesiapan membaca anak di Taman Kanak-kanak Kristen Petra IX Surabaya. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah murid-murid kelas C (nol besar) yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Random Sampling, melalui cara tersebut diperoleh sampel sebanyak 44 orang murid. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pe-nelitian ini adalah metode angket yang terdiri dari angket kesiapan membaca anak yang pengisiannya dilakukan guru-guru yang sehari-harinya menangani secara langsung murid-murid tersebut, sedangkan untuk mengungkap tingkat pendidikan orangtua digunakan angket tingkat pendidikan orang tua yang dikirim kepda masing-masing orangtua murid. ...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:34
Last Modified: 30 Jun 2015 02:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24776

Actions (login required)

View Item View Item