Studi Perbedaan Prestasi Belajar Antara Anak Sulung, Anak Tengah Dan Anak Bungsu Ditinjau Dari Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas II SMAK ST. Agnes Surabaya

Gunarto, Sherly (1993) Studi Perbedaan Prestasi Belajar Antara Anak Sulung, Anak Tengah Dan Anak Bungsu Ditinjau Dari Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas II SMAK ST. Agnes Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
P_92_Abstrak.pdf

Download (78Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143661

Abstract

Masa remaja merupakan masa bagi remaja lebih banyak menghadapi masalah yang harus diatasi. Misalnya, prestasi sekolah tidak stabil akibat konsentrasi belajar terganggu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya inteligensi dan motivasi. Motivasi merupakan unsur.yang penting dalam hubun-gan dengan prestasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan motif berprestasi individu antara lain pola asuh, urutan kelahiran dan lain-lain. Peranan sta-tus anak atau urutan kelahiran dalam keluarga dikatakan bahwa kepribadian masing-masing anak ber-beda-beda dan memiliki motif ber-prestasi yang berbeda pula. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMAK St. Agnes Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah "purposive sampling". Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II St. Agnes Surabaya yang berusia 16 -17 tahun dan didapatkan sampel 207 orang. Pengum~ulan data yang digunakan adalah angket untuk nengungkap motif berprestasi, tes CFIT skala 3 untuk mengungkap inteligensi, angket identitas untuk mengungkap urutan kelahiran dan usia, serta dokumentasi untuk mendapatkan data prestasi belajar. Pengujian hipo-tesis dilakukan dengan menggunakan analisis kovar-ian dua jalur satu kovariabel. Haiil penelitian menunjukkan bahwa ada perbe-daan.prestasi belajar yang cukup meyakinkan antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu (F=2.078 ; p=0.126). Ada perbedaan prestasi belajar yang meyakinkan antara siswa yang memiliki motif ber-prestasi tinggi dan siswa yang memiliki motif ber-prestasi cukup (F=3.891 j p=0.047). Ada perbedaan prestasi belajar yang cukup meyakinkan antara anak sulung dan anak tengah (t= -1.933 ; p= 0.052). Tidak ada perbedaan prestasi belajar antara anak sulung dan anak bungsu (t= -0.381 ; p= 0.705). Ada perbedaan prestasi belajar yang cukup meyakinkan antara anak tengah dan anak bungsu (t= 1.551 j p= 0.118).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Aug 2015 04:02
Last Modified: 28 Aug 2015 04:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item View Item