Asmaranti, S. W. M. (2008) Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI Jurusan Bahasa SMAN 4 Singaraja. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_337_Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Pada era globalisasi hampir semua informasi khususnya tentang ilmu pengetahuan dan teknologi muncul secara tertulis dalam bentuk bahasa Inggris. Saat ini bahasa Inggris yang bermula sebagai bahasa nasional berubah menjadi bahasa resmi internasional. Dari anak usia taman kanak-kanak hingga remaja sekelas SMA telah dikenalkan dengan bahasa Inggris. Fenomena yang terjadi mengenai gambaran kondisi remaja tingkat SMA jurusan bahasa yang mengalami kendala bahasa Inggris pada komponen listening. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berpengaruh pada kemampuan listening siswa. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penguasaan listening. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif diolah dengan metode regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI jurusan Bahasa SMAN 4 Singaraja Bali dengan metode sampling total population study. Penelitian menunjukkan bahwa faktor bimbingan orang tua yang paling besar pengaruhnya terhadap penguasaan listening siswa daripada kedelapan faktor lainnya (R. Square = 0.599, F = 47.898, p < 0.001). Yang kedua adalah faktor lingkungan sosial (R. Square = 0.590, F = 46.005, p < 0.001). Yang ketiga adalah faktor suasana rumah (R. Square = 0.588, F = 45.665, p < 0.001). Yang keempat adalah faktor bakat (R. Square = 0.568, F = 41.990, p < 0.001). Yang kelima mass media (R. Square = 0.544 dengan F = 38.186, p < 0.001). Yang keenam minat (R. Square = 0.416, F = 22.812, p < 0.001). Yang ketujuh adalah faktor sakit (R. Square = 0.301, F = 13.774, p < 0.001). Yang kedelapan adalah faktor intelegensi (R. Square = 0.235, F = 9.807, p < 0.004). Yang kesembilan adalah keadaan ekonomi keluarga (R. Square = 0.220, F = 9.040, p < 0.005). Untuk meningkat penguasaan listening siswa dapat melakukannya denga cara sering menonton tayangan atau mendengarkan informasi dengan bahasa Inggris serta dapat berlatih bersama dengan siswa yang lain untuk bercakap-cakap dengan bahasa Inggris di sekolah.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor - Faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar, SMA jurusan bahasa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 02:06 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 02:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25419 |
Actions (login required)
View Item |